Hendra Lesmana Calon Kada Terkaya Kedua se-Indonesia

Hendra Lesmana Calon Kada Terkaya Kedua se-Indonesia
Hendra Lesmana (kiri) - Riko Porwanto. Foto: Galih/Kalteng Pos

jpnn.com, JAKARTA - Calon Bupati Lamandau, Kalteng, Hendra Lesmana menempati posisi kedua dalam daftar calon kepala daerah-wakil kepala daerah terkaya di Indonesia, yang maju di pilkada serentak 2018.

Harta cabup yang maju berpasangan dengan Riko Porwanto itu mencapai Rp 237.188.128.428. (Daftar 10 besar terkaya lihat bagian bawah berita ini).

Sementara, bakal calon wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus memiliki harta kekayaan terbanyak. Dalam laporannya, kekayaan Sihar mencapai Rp 350,887 miliar.

Kekayaan Sihar jauh lebih tinggi daripada pasangannya, bakal calon gubernur Sumut Djarot Saiful Hidayat. Kader PDI Perjuangan itu ”hanya” memiliki kekayaan Rp 8,433 miliar.

Data tersebut dari hasil rekapitulasi yang dilakukan KPK. Tenggat waktu bagi calon kepala daerah dan wakilnya menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) memang sudah berakhir tadi malam pukul 00.00 WIB.

Bila melewati deadline laporan tidak diserahkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pencalonan akan gugur.

Sampai pukul 22.00, masih ada 27 bakal calon di antara total 1.150 yang belum melaporkan LHKPN.

Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK Cahya Hardianto Harefa menyatakan bahwa pihaknya harus bekerja keras untuk menyelesaikan rekapitulasi laporan kekayaan pasangan calon. Sebab, banyak calon yang mengurus data kekayaan mendekati deadline.

Sementara, Nurdin Halid yang menjadi calon gubernur Sulsel, menempati urutan keempat daftar calon terkaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News