Hentikan Bercanda Bom di Pesawat!

Hentikan Bercanda Bom di Pesawat!
Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan geram dengan aksi penumpang pesawat yang mengaku membawa bom. Menurutnya, aksi yang bisa membahayakan keselamatan penumpang dan keamanan itu, sebagai bentuk pelanggaran terhadap Undang-Undang Penerbangan.

Karena itu, Taufik menegaskan, gurauan penyebaran informasi palsu terkait bom itu harus dihentikan. Menurutnya, untuk sebuah penerbangan candaan soal bom itu tidak bisa ditoleransi karena sudah menyangkut keselamatan penumpang dan keamanan.

"Walaupun itu candaan, itu berarti menyebarkan informasi palsu, dan bentuk pelanggaran terhadap UU Penerbangan,” kata Taufik di gedung parlemen, Jakarta, Rabu (30/5).

Taufik tidak memungkiri, kesadaran masyarakat akan aturan agar tidak bercanda mengenai bom itu masih minim. Apalagi, kasus ini sampai terjadi berkali-kali. Menurutnya, selain perlu adanya peningkatan sosialisasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan operator bandara, perlu adanya tindakan tegas, berupa tuntutan hukum kepada pelaku.

"Bercanda ini mungkin bagi pelakunya terlihat sepele, tapi dampaknya besar bagi sebuah penerbangan," katanya.

Taufik menegaskan hal ini menjadi ancaman keamanan penerbangan dan keselamatan penumpang. Pelakunya harus ditindak tegas. Salah satunya adalah dengan melakukan proses penegakan hukum.

"Ini juga dalam kaitan agar ada rasa jera di masyarakat, dan tidak ada pelaku-pelaku lain yang bercanda membawa bom di pesawat,” katanya. (boy/jpnn)


Kesadaran masyarakat akan aturan agar tidak bercanda bom di pesawat masih kurang.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News