Hergun Mendorong Kolaborasi Lembaga Keuangan Syariah dengan Industri Halal

Hergun Mendorong Kolaborasi Lembaga Keuangan Syariah dengan Industri Halal
Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan menyebut kolaborasi saling menguntungkan akan mempercepat pertumbuhan lembaga keuangan syariah dan industri halal. Ilustrasi Foto: dokpri Hergun

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan mendorong lembaga keuangan syariah berkolaborasi dengan industri halal.

Menurut Hergun -panggilan Heri Gunawan, lembaga keuangan syariah bisa menyediakan pembiayaan, sedangkan pelaku industri halal sebagai nasabah setianya.

Hal itu disampaikan Hergun saat menjadi keynote speech dalam webinar nasional ekonomi dan keuangan syariah di Jakarta, Kamis (3/12).

Dia mengatakan ekonomi dan keuangan syariah telah menunjukkan fundamental yang kokoh dan tetap tangguh, meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan sektor halal value chain (HVC) utama seperti pertanian dan pangan tetap positif dan juga di atas pertumbuhan PDB, meskipun sektor lain khususnya sektor pariwisata mengalami kontraksi.

"Pertumbuhan sektoral ini diperkuat dengan peningkatan konsumsi e-commerce pada produk halal. Jadi, sudah sepatutnya lembaga keuangan syariah berkolaborasi dengan industri halal," kata Hergun.

Webinar itu dihadiri Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng dan Direktur Utama Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Mirza Adityaswara serta sejumlah pembicara.

Kapoksi Gerindra di komisi bidang keuangan itu meyakini kolaborasi yang saling menguntungkan akan mempercepat pertumbuhan lembaga keuangan syariah dan industri halal.

Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan (Hergun) menyebut kolaborasi saling menguntungkan akan mempercepat pertumbuhan lembaga keuangan syariah dan industri halal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News