Hermanto Belum Tahu Kantor, Tugas Pertama Alex Jaga Kantor

OLEH : AGUS WIRAWAN, Jakarta

Hermanto Belum Tahu Kantor, Tugas Pertama Alex Jaga Kantor
Wakil Menteri Perindrustrian Alex Retraubun bersama istrinya Efrosina Retraubun pada hari pertama mengunjungi gedung departemen perindrustrian. Foto; Agus Wirawan / JAWA POS
Di antara wakil menteri yang Rabu lalu (11/11) dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Hermanto Dardak termasuk yang paling beruntung. Sebab, dia tidak perlu pindah dari kantornya sekarang, yakni di Departemen Pekerjaan Umum (PU), Jl Pattimura, Jakarta Selatan.

Jabatannya sebelum diangkat menjadi wakil menteri PU adalah direktur jenderal Bina Marga. "Saya belum mempunyai ruang khusus untuk wakil menteri PU. Tapi, katanya nanti mau dipersiapkan," kata Hermanto saat ditemui di gedung Bina Marga yang terletak persis di samping gedung utama Kementerian PU. Hermanto mengaku tidak tahu di sebelah mana nanti ruangnya berada. Sambil menunggu diselesaikan, dia gunakan untuk memberesi ruangannya sekarang.

Ruang wakil menteri PU memang tidak dipersiapkan karena sebelumnya tidak ada, "Nggak apa-apalah. Ini kan pengabdian kepada negara, mau bekerja di mana saja nggak masalah," tuturnya.Bagi pria kelahiran Trenggalek, 9 Januari 1957 itu, berpindah-pindah ruang di lingkungan Departemen PU sudah biasa. Sejak masuk menjadi pegawai PU pada 1980-an, berkali-kali dia berpindah meja kerja. "Saya ini masuk PU sejak 1980-an. Jadi, sudah 29 tahun, ya. Sudah pindah ke mana-mana, mulai di Bina Marga, ke Sekretariat Jenderal, ke Biro Perencanaan hingga ditempatkan di Kanwil Kalimantan Selatan," ceritanya.

Sebagai Dirjen Bina Marga, yang bertugas mengurusi proyek jalan dan jembatan, Hermanto menjadi lebih terkenal dibanding Dirjen lain. Wajahnya sering nongol di media cetak, radio, maupun televisi. Apalagi, jika menjelang Idul Fitri. Sorotan masyarakat selalu mengarah ke urusan jalan. Mengenai hal itu, Hermanto mengaku sudah melakukan persiapan jalur mudik sejak awal tahun. "Proyek jalan itu tidak pas kalau mepet Lebaran," ujarnya.

Di antara wakil menteri yang Rabu lalu (11/11) dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Hermanto Dardak termasuk yang paling beruntung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News