Heru Budi Dikritik Gegara Ganti Nama JakLingko? Dishub DKI Membantah

Heru Budi Dikritik Gegara Ganti Nama JakLingko? Dishub DKI Membantah
Penumpang berjalan di samping angkutan MikroTrans JakLingko di Tanah Abang, Jakarta, Kamis (22/7/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dikritik lantaran disebut mengganti nama Jaklingko menjadi MikroTrans.

Kritik itu disampaikan oleh seorang perempuan bernama Hana Charistia asal Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui video yang diunggah di TikTok pribadinya @hanacharistiaks.

“Ingat ya pak Heru, Anda ini hanya sebagai PJ Gubernur bukan gubernur yang dipilih oleh masyarakat. Kita ketahui filosofi JakLingko diambil dari bahasa Nusantara,” ucap Hana dalam video tersebut.

Menurut dia, JakLingko berasal dari bahasa Nusa Tenggara Timur tepatnya di Manggarai Tengah, Ruteng, Desa Cancar.

Dia pun mengaku lebih mengapresiasi sikap eks Gubernur Anies Baswedan yang mengangkat bahasa daerah menjadi istilah umum dipakai di ibu kota.

Sebagai putri daerah NTT yang tinggal di Jakarta, kata dia, merasa sangat kecewa atas apa yang dilakukan Heru Budi.

“Seharusnya bapak yang menjadi Pj Gubernur melanjutkan program-program yang sudah dibuat oleh pak Anies. Bukan mengubah seenaknya seperti ini,” kata dia.

Dia pun menyarankan agar pejabat lain untuk menggunakan bahasa lokal bahasa daerah sebagai istilah umum yang bisa dipakai di masyarakat luas.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dikritik lantaran disebut mengganti nama Jaklingko menjadi MikroTrans.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News