Heru Budi Pastikan Sodetan Ciliwung Cepat Rampung, Bisa Beroperasi Maret 2023

Heru Budi Pastikan Sodetan Ciliwung Cepat Rampung, Bisa Beroperasi Maret 2023
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau pembangunan sodetan Kali Ciliwung (BKT), Kamis (1/12). Foto: dokumentasi Pemprov DKI

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya berupaya untuk mempercepat pembangunan sodetan Kali Ciliwung (BKT) untuk penanganan banjir.

Hal ini diungkapkannya saat meninjau langsung proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung (BKT) pada dua lokasi atau outlet, yaitu di Jalan Otista Raya dan Jalan Kebon Nanas, Jakarta Timur, Kamis (1/12) sore.

"Di sini ada dua outlet, yang di bawah ini terowongan yang sudah hampir selesai dan tentunya nanti berfungsinya sekitar Februari-Maret, paling lambat April 2023,” ucap Heru dalam keterangannya.

Selain itu, Kepala Sekretariat Presiden itu memastikan proses pembebasan lahan juga terlaksana dengan baik.

Dia berharap para pemilik tanah dan lahan yang terdampak atas pembangunan proyek ini dapat tertangani dengan baik sesuai aturan.

"Pembebasan lahan sudah selesai. Ini tinggal di bawah tanah untuk bisa pembebasan di area ujung. Panjangnya 1,2 kilometer kalau yang di bawah sana,” kata dia.

Di lokasi yang sama, Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia menjelaskan perkembangan pembangunan sodetan Kali Ciliwung telah mencapai 62 persen saat ini.

Walau kontrak pengerjaan proyek sodetan Kali Ciliwung itu sampai Agustus 2023, tetapi dapat diselesaikan lebih cepat.

Heru Budi Hartono mengatakan pembangunan sodetan Kali Ciliwung (BKT) untuk penanganan banjir dilakukan secara cepat dan tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News