JPNN.com

Hetifah Sjaifudian MPR: Perlu Upaya Luar Biasa Mempercepat Pemulihan Pariwisata Nasional

Senin, 30 November 2020 – 22:38 WIB
Hetifah Sjaifudian MPR: Perlu Upaya Luar Biasa Mempercepat Pemulihan Pariwisata Nasional - JPNN.com
Anggota MPR Fraksi Demokrat Dede Yusuf Macan Effendi (kiri) bersama Sekretaris Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf Hariyanto menjadi narasumber diskusi bertema ‘Kebangkitan Pariwisata Nasional dari Pandemi Covid-19 Sebagai Pondasi Ekonomi Nasional’ di Media Center MPR/DPR, lobi Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (30/11/2020). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota MPR Fraksi Partai Golkar Hetifah Sjaifudian mengungkapkan dampak negatif pandemi Covid-19 sangat memukul perekonomian nasional. Salah satunya di sektor pariwisata.

Betapa banyak rakyat Indonesia yang menggantungkan hidupnya di bidang tersebut, harus menerima kenyataan pahit kehilangan pendapatannya akibat drastisnya penurunan tingkat kunjungan wisatawan baik domestik dan mancanegara.

Situasi tersebut makin parah dengan rusaknya berbagai infrastruktur seperti hotel, penginapan, situs-situs wisata karena minimnya pemeliharaan akibat pemasukan yang berkurang bahkan nihil sepanjang pandemi berlangsung.

Hal tersebut mengakibatkan dunia usaha pariwisata dan usaha-usaha pendukung yang kebanyakan dilakukan rakyat kecil sangat kesulitan memenuhi biaya operasional termasuk gaji karyawan, sehingga banyak terjadi PHK dan penutupan tempat usaha.

Menurut Hetifah, patut disyukuri ketika kebijakan pelonggaran PSBB dan penetapan kondisi new normal muncul, geliat pariwisata Indonesia mulai ada walaupun sedikit karena masih ada pembatasan-pembatasan.

“Untuk mempercepat bangkitnya pariwisata nasional, saya rasa perlu upaya-upaya luar biasa dari pemerintah didukung DPR.  Alhamdulillah, sekarang sudah ada upaya tersebut antara lain Komisi X DPR membentuk Panja Pemulihan Pariwisata dan bantuan-bantuan dari pemerintah terutama untuk usaha kecil,” katanya.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Diskusi Empat Pilar dengan tema ‘Kebangkitan Pariwisata Nasional dari Pandemi Covid-19 Sebagai Pondasi Ekonomi Nasional’ kerja sama MPR dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen, di Media Center MPR/DPR, lobi Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (30/11/2020).

Hadir dalam acara yang mematuhi protokol kesehatan secara ketat tersebut anggota MPR Fraksi Demokrat Dede Yusuf Macan Effendi atau Dede Yusuf sebagai narasumber, Sekretaris Deputi Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Hariyanto sebagai narasumber, dan Penulis buku Naked Traveler Series Trinity juga sebagai narasumber serta para wartawan media massa elektronik, cetak, online nasional.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri