Hidayat Dukung Pencanangan April sebagai Bulan NKRI

Hidayat Dukung Pencanangan April sebagai Bulan NKRI
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid pada acara penandatanganan pernyataan Deklarasi Pencanangan 3 April sebagai Hari NKRI dan Bulan April sebagai Bulan NKRI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (5/4). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid ikut menandatangani pernyataan Deklarasi Pencanangan 3 April sebagai Hari NKRI dan Bulan April sebagai Bulan NKRI. Penandatanganan Deklarasi Bulan NKRI itu dilaksanakan di Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen , Senan, Jakarta, Jumat (5/4/2019.

Deklarasi dilakukan bersamaan Diskusi Kebangsaan yang digelar Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam Indonesia (Hima Persis) dengan tema “Deklarasi Pencanangan Bulan April sebagai Bulan Mosi Integral Menjadi NKRI Kembali”.

BACA JUGA: Hidayat Nur Wahid: Umat Islam Ikut Menyelamatkan Pancasila dan NKRI

Dalam kesempatan itu, Solidaritas Ormas dan Pemuda Islam Peduli NKRI menyampaikan Deklarasi dukungan Bulan NKRI. Deklarasi berisi delapan butir pernyataan.

Beberapa poin penting antara lain umat Islam memiliki saham yang sangat besar untuk menyelamatkan NKRI, Pidato Mohammad Natsir mengenai Mosi Integral pada tanggal 3 April 1950 merupakan bentuk kontribusi yang sangat besar umat Islam bagi kembalinya NKRI.

Poin lainnya adalah menganggap penting diadakannya Bulan NKRI agar menjiwai anak bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI, mengusulkan kepada pemerintah RI menjadikan tanggal 3 April sebagai Hari Nasional, yaitu Hari Mosi Integral, deklarasi ini untuk menegaskan bahwa NKRI adalah wujud kontribusi umat Islam untuk Indonesia karena Islam adalah rahmatan lil alamin.

Usai deklarasi, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan peristiwa pidato Mohammad Natsir di depan DPR-RIS yang dikenal dengan Mosi Integral penting diperingati dan disegarkan kembali.

“Kalau sekarang sudah ada Hari Ibu, Hari Anak, Hari Bela Negara, Hari Sumpah Pemuda, maka perlu juga Hari NKRI. Hari NKRI ini sangat penting untuk diperingati agar menyegarkan ingatan bahwa kita pernah menyelamatkan NKRI,” katanya.

Pidato Mohammad Natsir mengenai Mosi Integral pada tanggal 3 April 1950 merupakan bentuk kontribusi yang sangat besar umat Islam bagi kembalinya NKRI. Oleh karena itu, penting diadakannya Bulan NKRI agar menjiwai anak bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News