Hidayat Nur Wahid: Generasi Milenial Perlu Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab

Hidayat Nur Wahid: Generasi Milenial Perlu Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid ketika menyampaikan Kuliah Umum di Aula Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta di Ciputat Tangerang Selatan, Selasa (3/3/2020). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan generasi milenial khususnya mahasiswa Fakultas Agama Islam, perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Dengan pemahaman bahasa Arab yang baik maka pemahaman beragama menjadi meningkat dan komprehensif.

“Pemahaman agama Islam terkait dengan pemahaman Alquran yang komprehensif. Pemahaman Alquran yang komprehensif tergantung juga dengan pemahaman bahasa Arab yang komprehensif,” kata Hidayat ketika menyampaikan Kuliah Umum dengan tema “Urgensi Pengembangan Bahasa Arab Terhadap Komprehensifitas Pemahaman Agama pada Generasi Milenial” di Aula Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta di Ciputat Tangerang Selatan, Selasa (3/3/2020). Kuliah umum ini diikuti ratusan mahasiswa Fakultas Agama Islam UMJ.

Hidayat memaparkan pemahaman agama sering dihubungkan dengan radikalisme, terorisme, liberalisme.

“Karena itu generasi milenial perlu meningkatkan kualitas pemahaman bahasa Arab sehingga tidak terjebak pada pemahaman beragama yang tidak komprehensif,” ujarnya.

“Radikalisme bisa terjadi ketika pemahaman bahasa Arab tidak membawa pada pemahaman yang utuh terhadap teks-teks agama. Jadi diambil sepotong-sepotong. Memahami agama dengan cara yang tidak komprehensif menghadirkan masalah-masalah,” sambungnya.

Hidayat menjelaskan generasi milenial adalah generasi yang hadir di abad 21. Merujuk pada PBB dan UNESCO, generasi milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 sampai tahun 2000. Ada juga definisi lain, generasi milenial adalah mereka yang berusia antara 14 tahun hingga 39 tahun.

“Generasi ini merupakan mayoritas penduduk dunia, termasuk mayoritas di Indonesia dan negara-negara Arab,” jelasnya.

Mengacu pada pengguna internet, lanjut Hidayat, bahasa Arab merupakan bahasa keempat terbesar di dunia yang digunakan kalangan milenial pengguna internet. Urutan pengguna bahasa terbesar di internet adalah bahasa Inggris, kemudian bahasa China, lalu bahasa Spanyol, dan keempat bahasa Arab. Bahasa Indonesia menduduki urutan keenam terbesar digunakan pengguna internet.

Pemahaman agama Islam terkait dengan pemahaman Alquran yang komprehensif. Pemahaman Alquran yang komprehensif tergantung juga dengan pemahaman bahasa Arab yang komprehensif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News