Hidayat Siap Saingi Kiemas

Hidayat Siap Saingi Kiemas
Hidayat Siap Saingi Kiemas
JAKARTA - Upaya PDIP untuk mengajukan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) Taufik Kiemas menjadi calon Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), mulai dapat perlawanan. PKS secara resmi kembali mengusung Hidayat Nurwahid sebagai calon Ketua MPR. Rencana tersebut bahkan sudah disampaikan langsung kepada Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Walau masih sebatas keputusan internal, PKS sudah setuju untuk menetapkan Hidayat Nurwahid maju kembali sebagai calon Ketua MPR periode 2009-2014. Rencana PKS tersebut juga sudah disampaikan ke SBY," kata Sekjen DPP PKS, Anis Matta, di sela-sela kegiatan sidang paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/9).

Pertimbangan untuk mengajukan kembali Hidayat, lanjut Anis, adalah karena dia dinilai sukses memimpin MPR pada periode 2004-2009 - hingga memperoleh Bintang Mahaputra. Apalagi katanya, posisi Ketua MPR saat ini dinilai tetap mempunyai peran penting, karena berwenang dalam menentukan amandemen konstitusi. "Jadi, fungsi fundamental MPR masih sangat krusial, meski fungsi hariannya tidak terlalu mencolok," ujarnya.

Anis pun menegaskan, pengajuan kembali Hidayat Nurwahid juga tidak akan terganggu dengan keinginan PDIP untuk mengajukan Taufik Kiemas sebagai calon Ketua MPR. "Tiap orang kan punya hak, dan posisi Ketua MPR ini juga sifatnya kompetisi," imbuhnya.

JAKARTA - Upaya PDIP untuk mengajukan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) Taufik Kiemas menjadi calon Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News