Hijaukan Jakarta, Mahasiswa Papua Barat Tanam Pohon di DAS Ciliwung

Hijaukan Jakarta, Mahasiswa Papua Barat Tanam Pohon di DAS Ciliwung
Himpunan Mahasiswa Papua Barat (Himapabar) menggelar aksi tanam pohon di daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung di Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (12/3). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Papua Barat (Himapabar) bersama Human Studies Institute menggelar aksi tanam pohon dengan tema "Kitorang Jaga Lingkungan, Lingkungan Jaga Kitorang" di daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung di Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (12/3).

Pengurus Himapabar Malkin Kosepa mengatakan, kegiatan yang dilakukan Himapabar tersebut bukan sekadar seremonial, tetapi bentuk kontribusi mahasiswa Papua Barat terhadap kelestarian lingkungan hidup.

"Ini adalah rangkaian kegiatan Himapabar untuk Musyawarah Besar (Mubes) dan sosialisasi bersama masyarakat terutama dalam rangka kegiatan-kegiatan yang concern terhadap lingkungan hidup," ujar Malkin.

Mahasiswa Polimedia asli Teluk Bentuni, Papua Barat ini mengatakan, kegiatan penanaman pohon dan bersih Kali Ciliwung itu merupakan wujud kepedulian mahasiswa terkait pentingnya lingkungan yang bersih, indah dan nyaman.

"Melestarikan lingkungan sudah menjadi tanggung jawab setiap insan yang hidup di bumi, terutama kita yang tinggal di Jakarta," kata Malkin.

Dalam kegiatan tersebut, Malkin ikut menanam pohon buah produktif seperti jambu jamaika, jeruk lemon serta tanaman kayu yang bernilai tinggi seperti gaharu sebanyak 250 bibit di pinggiran aliran Kali Ciliwung.

Sementara mahasiswa UIN Jakarta asal Kaimana Moytuer Boymassa mengatakan, manusia sebagai makhluk hidup harus bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungan di sekitarnya. Artinya, mahasiswa asal Papua Barat memiliki prinsip di mana tempat kita berpijak di situlah langit dijunjung.

“Kami sebagai mahasiswa asli Papua Barat khususnya yang tinggal di Jabodetabek ingin tetap berkomitmen selalu menjaga lingkungan sekitar,” kata Moytuer.

Himpunan Mahasiswa Papua Barat (Himapabar) bersama Human Studies Institute menggelar aksi tanam pohon di DAS Ciliwung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News