Hilangkan Komedo dengan Bahan-bahan Alami ini

Hilangkan Komedo dengan Bahan-bahan Alami ini
Ilustrasi saat membersihkan komedo.

jpnn.com - Komedo ditandai dengan adanya titik hitam atau putih yang biasanya terjadi di wajah, leher, dada atau punggung. Selain itu, komedo juga bisa muncul di hidung dan area wajah lainnya.

Hal yang biasa dilakukan untuk menghilangkan komedo adalah dengan tindakan ekstraksi komedo. Namun, bahan-bahan alami untuk menghilangkan komedo di bawah ini ternyata juga bisa membantu, lho! Yang pastinya lebih hemat dan aman.

Bahan Alami Penghilang Komedo

Berikut adalah beberapa bahan alami untuk menghilangkan komedo yang dapat Anda coba di rumah:

1. Lemon dan Madu

Untuk menghilangkan komedo yang membandel di area wajah, Anda bisa memanfaatkan lemon. Campurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan satu sendok teh gula. Kemudian, oleskan ramuan tersebut secara merata di tempat-tempat yang terdapat komedo.

Setelah itu, pijat dengan gerakan memutar. Lakukan pemijatan selama satu hingga dua menit, kemudian bilas dengan air bersih. Anda bisa menerapkan cara alami menghilangkan komedo ini sekali dalam seminggu.

2. Bubuk Kopi

Kalau sudah menyerah menghilangkan komedo dengan produk-produk kecantikan yang ada di pasaran, Anda bisa mencoba bahan alami tersebut.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News