JPNN.com

Hilmar: PKN 2020 Jadi Perhelatan Kebudayaan Tradisi Daring Terbesar di Dunia

Jumat, 23 Oktober 2020 – 22:35 WIB
Hilmar: PKN 2020 Jadi Perhelatan Kebudayaan Tradisi Daring Terbesar di Dunia - JPNN.com
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid. Foto: tangkapan layar YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020 bakal digelar kembali. Namun, situasi pandemi COVID-19 membuat hajatan besar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tersebut diselenggarakan secara virtual (online).

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid mengungkapkan, tema PKN 2020 dilatarbelakangi situasi pandemi yang membawa kita kembali mengingat kekayaan budaya nusantara. Protokol-protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan WHO memiliki banyak kaitan dengan akar tradisi sehat di nusantara. 

Tradisi mencuci tangan, tolak bala, tradisi mengisolasi diri, bersih desa, semuanya mengajarkan tentang relasi manusia dengan alam. Juga pengaruhnya pada kesehatan dan kekuatan tubuh manusia dan lingkungan sosialnya.

Relasi itu kata Hilmar, melahirkan macam-macam pengetahuan tentang bagaimana mengolah, merawat, dan memuliakan alam dan Sang Pencipta. 

Dari sana lahir kemudian ragam pangan dan pengolahan pangan, ragam pakaian dari ilmu simpul-ikat serat-serat tanaman, ragam bangunan dan sarana transportasi, sampai dengan ragam ekspresi artistik yang mewujud dalam bentuk kriya dan karya seni. 

"Singkatnya, semua yang diwariskan nenek-moyang kita ditujukan untuk menyehatkan, memperkuat, dan akhirnya memuliakan manusia dan alam," kata Dirjen Hilmar dalam taklimat media daring, Jumat (23/10). 

Berdamai dengan Corona, lanjutnya, secara budaya perlu dimaknai sebagai upaya memperkuat tubuh manusia sesuai tradisi, dengan tetap menggerakkan ekonomi. Mereka yang terdampak secara ekonomi perlu kembali diberdayakan melalui jejaring digital, sehingga tidak ada lagi kekosongan pasokan pangan di kota-kota besar. 

Tahun ini, PKN dilaksanakan seluruhnya secara daring mencakup 4 program utama yaitu kompetisi, konferensi, pameran, dan pergelaran.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi