Hiruk Bantuan Sosial, Mbak Puan Ingatkan Soal APD

Hiruk Bantuan Sosial, Mbak Puan Ingatkan Soal APD
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: M. Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengapresiasi pernyataan Presiden Joko Widodo yang menekankan penyaluran bantuan sosial perlu tepat sasaran.

Menurut Puan, hal ini berarti pelaksanaan kebijakan di lapangan perlu dilakukan berbasis data yang akurat dan terbaru, serta prosesnya tidak berbelit-belit.

Puan menjelaskan, seharusnya semangat tepat sasaran yang sama perlu diterapkan juga dalam penyaluran alat pelindung diri (APD) ke berbagai rumah sakit di daerah-daerah yang kena dampak wabah virus corona.

Oleh karena itu, Puan menyarankan pemerintah perlu memiliki database yang diperbarui secara real time terkait rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang tenaga kesehatannya memerlukan APD.

“Di mana saja, berapa banyak, dan bagaimana penyebarannya yang tepat,” kata Puan, Selasa (7/4).

Puan menambahkan pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga perlu menguatkan koordinasi dan sinergi dengan pemerintah provinsi, kabupaten/kota.

Hal ini dalam rangka memastikan APD yang sudah sampai di daerah langsung didistribusikan dan benar-benar tiba di tujuan dalam waktu yang cepat.

“Tidak boleh berasumsi bahwa ketika APD sudah dikirimkan dari pusat ke daerah maka otomatis sudah akan diterima oleh rumah sakit tujuan,” katanya.

Mbak Puan Maharani minta pemerintah menyalurkan APD corona ke tempat yang tepat sasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News