HKN 2024, Pakta Konsumen Dorong Masyarakat dapat Edukasi Risiko Produk

HKN 2024, Pakta Konsumen Dorong Masyarakat dapat Edukasi Risiko Produk
Ilustrasi konsumen yang sedang berbelanja. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Pakta Konsumen Ary Fatanen menyoroti hak konsumen dalam mengetahui risiko produk yang mereka konsumsi dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional 2024.

Menurut Ary, transparansi dalam penelitian profil risiko menjadi kunci utama dalam memberikan informasi yang akurat.

Sebab, hal itu penting dalam membantu konsumen untuk mengambil keputusan terkait produk yang mereka beli.

"Ini memang salah satu fokus kami juga, mendorong pemerintah untuk menyajikan informasi yang valid dan edukasi yang berkelanjutan terhadap produk-produk tersebut, karena itu adalah Hak Konsumen juga untuk memperoleh edukasi dan informasi," kata Ary, di Jakarta, Sabtu (20/4).

Di samping penelitian risiko, Ary menekankan pentingnya keterlibatan konsumen dalam perumusan kebijakan sebuah produk.

Saat ini, ada beberapa peraturan yang dirumuskan tanpa melibatkan konsumen, misalnya Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Kesehatan yang mengatur produk tembakau.

"Hal seperti ini jelas bahwa Hak Partisipatif Konsumen dalam penyusunan regulasi/kebijakan yang dibuat Pemerintah tidak dipenuhi," kata Ary.

Ary berharap hak konsumen untuk terlibat dalam perumusan kebijakan dan mendapatkan informasi yang akurat lebih diperhatikan.

Ketua Pakta Konsumen Ary Fatanen menyoroti hak konsumen dalam mengetahui risiko produk yang mereka konsumsi dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News