Hmmm... Ahli Pastikan Foto Panas Firza Bukan Hasil Rekayasa

Hmmm... Ahli Pastikan Foto Panas Firza Bukan Hasil Rekayasa
Firza Husein. Foto: YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya telah meminta keterangan pakar face recognition (pengenalan wajah) Heru Cahyono. Ahli dari Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Mabes Polri itu dimintai keterangannya terkait kasus percakapan mesum dan foto syur yang menyeret Habib Rizieq Shihab dan perempuan bernama Firza Husein.

Heru memastikan foto-foto perempuan dengan pose vulgar yang tersebar dalam sebuah situs memang identik dengan Firza Husein. Dia bahkan memastikan tak ada rekayasa dalam foto-foto itu.

"Dari analisis disimpulkan bahwa fotonya yang diserahkan oleh penyidik untuk diperiksa di tim Inafis adalah asli dan bukan rekayasa," kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (15/5).

Lebih lanjut Heru menuturkan, dari pemeriksaan melalui algoritma biometri wajah, foto syur yang beredar sangat cocok dengan wajah Firza saat dipotret ketika menjalani pemeriksaan.

"Baik dari sistem algoritma yang otomatis hasilnya match (cocok, red). Ketika wajahnya berbeda adalah orang berbeda secara sistem akan menolak," tutur dia.

Heru menambahkan, pemeriksaan pengenalan wajah menggunakan sejumlah metode. Antara lain biofinder untuk mencocokkan dua foto tentang satu wajah.

Ada pula face recognition untuk mengidentifikasi wajah di foto yang dianalisis untuk kemudian terkoneksi langsung dengan database kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

"Dan ada sistem yang namanya searching, jadi ketika foto seseorang dimasukan foto itu dia mencari lalu terconnect dengan database, ketika database itu ada akan muncul dia. Dan kebetulan itu di Firza itu muncul di database e-KTP. Jadi saya yakin sekali," jelas dia.

Polda Metro Jaya telah meminta keterangan pakar face recognition (pengenalan wajah) Heru Cahyono. Ahli dari Indonesia Automatic Fingerprint

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News