Hmmm... Mabes Polri Benarkan Kapolda Jabar Pembina GMBI

Hmmm... Mabes Polri Benarkan Kapolda Jabar Pembina GMBI
Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Massa Front Pembela Islam (FPI) terlibat bentrok dengan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Bandung, Kamis (12/1). FPI menuding GMBI merupakan organisasi kemasyarakatan binaan Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan.

Tudingan itu ternyata tak meleset. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan, Anton memang duduk di dewan pembina GMBI.

‎Meski begitu, Rikwanto menegaskan jika ada unsur tindak pidana saat massa GNBI bentrok dengan FPI, hal itu bukan tanggung jawab pembinanya tapi pada personalnya. “Dalam masalah pidana siapa berbuat apa," kata Rikwanto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (13/1).

Mengenai pejabat Polri yang merangkap posisi di ormas, Rikwanto mengatakan bahwa tidak ada aturan ataupun larangan khusus tentang itu. Sebab, hak bagi setiap anggota Polri untuk berorganisasi selama tidak melanggar hukum.

Menurut Rikwanti, pejabat Polri memang sering diminta menjadi pembina perkumpulan atau organisasi tertentu. “Boleh, tidak ada larangan,” tegasnya.

Bahkan, sambungnya, hal itu sering menjadi bentuk penghormatan bagi pejabat Polri. “Tapi tentunya untuk tujuan kebaikan, bukan untuk tujuan lain," tandas Rikwanto.(mg4/jpnn)


Massa Front Pembela Islam (FPI) terlibat bentrok dengan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Bandung, Kamis (12/1). FPI menuding GMBI merupakan


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News