HNW Berharap Generasi Masa Kini Meneladani Tokoh Muda Era Perjuangan

HNW Berharap Generasi Masa Kini Meneladani Tokoh Muda Era Perjuangan
Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengajak generasi saat ini meneladani peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yang terjadi pada 28 Oktober 1928 atau 92 tahun lalu di Batavia (kini Jakarta).

Ketika itu, para pemuda dan tokoh-tokoh muda dari berbagai daerah di Indonesia menggelar Kongres Pemuda II yang melahirkan sebuah ikrar bersama untuk mewujudkan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Ikrar itu dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

HNW mengatakan ada yang patut dicermati dari peristiwa itu oleh generasi bangsa masa kini, antara lain susunan kepanitiaan serta pimpinan kongres ditentukan secara musyawarah, sehingga tersusun merata dan adil mengakomodasi semua daerah, golongan dan organisasi.

Susunan itu antara lain Ketua Sugondo Djojopuspito (PPPI), Wakil Ketua R.M. Joko Marsaid (Jong Java), Sekretaris Muhammad Yamin (Jong Sumatranen Bond), Bendahara Amir Sjarifudin (Jong Bataks Bond), pembantu I Johan Mohammad Cai (Jong Islamieten Bond).

Kemudian, Pembantu II R. Katja Soengkana (Pemoeda Indonesia), Pembantu III R.C.I. Sendoek (Jong Celebes), Pembantu IV Johannes Leimena (Jong Ambon), dan Pembantu V Mohammad Rochjani Su'ud (Pemoeda Kaoem Betawi).

“Hal tersebut membuktikan bahwa mereka sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila yang saat itu malah belum lahir. Suatu bukti juga, jika nilai-nilai luhur bangsa dikedepankan, maka hasilnya akan baik dan bermanfaat,” kata HNW  di cara Temu Tokoh Nasional/Kebangsaan kerja sama MPR dengan Gema Keadilan Sumatera Barat, di Kota Pariaman, Minggu (25/10).

Forum dengan tema ‘Merekat Kesatuan Nasional Jelang Peringatan Sumpah Pemuda’ tersebut dihadiri anggota Gema Keadilan, para tokoh dan masyarakat sekitar.

Pimpinan MPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyebutkan, melihat begitu luar biasanya kiprah para pemuda tersebut, generasi muda Indonesia Masa kini semestinya meneladani dan mengambil pelajaran dari mereka.

Wakil Ketua MPR HIdayat Nur Wahid mengajak pemuda pemuda Indonesia untuk cepat bangkit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News