JPNN.com

HNW: Ideologi Pancasila Sudah Teruji Mampu Menghadapi Tantangan Zaman

Minggu, 15 November 2020 – 23:44 WIB
HNW: Ideologi Pancasila Sudah Teruji Mampu Menghadapi Tantangan Zaman - JPNN.com
Wakil Ketua MPR RI Dr. HM. Hidayat Nur Wahid, MA hadir secara daring pada acara Temu Tokoh Nasional / Kebangsaan, kerja sama MPR dengan Garuda Keadilan Provinsi Lampung. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, LAMPUNG - Wakil Ketua MPR RI Dr. HM. Hidayat Nur Wahid, MA mengatakan pemuda Indonesia harus meyakini bahwa keputusan para pendiri bangsa yang telah menjadikan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara adalah pilihan terbaik.

Sebab, kata Hidayat, sila-sila yang ada dalam Pancasila bukanlah sesuatu yang asing bagi Bangsa Indonesia.

Menurutnya, nilai-nilai itu diambil dari perut bumi Bangsa Indonesia sendiri, yang sudah hidup sejak lama.

Selain itu, lanjut Hidayat, keputusan untuk menetapkan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, dilakukan dengan cara musyawarah mufakat. 

"Seperti kata Bung Karno, dia tidak pernah membuat sendiri Pancasila, tetapi dia menggali nilai-nilai yang sudah tumbuh sejak lama di tengah masyarakat," kata Hidayat secara daring pada acara Temu Tokoh Nasional / Kebangsaan, kerja sama MPR dengan Garuda Keadilan Provinsi Lampung.

Karena itu, ia menambahkan, Pancasila bisa diterima seluruh rakyat Indonesia, dan  tidak ada satu sila pun  yang bertentangan dengan nilai-nilai yang tumbuh serta berkembang dalam masyarakat.

"Pancasila bukan agama, tetapi tidak ada satu pun agama yang bertentangan dengan Pancasila," ungkap sosok yang karib disapa Ustaz HNW itu.

Sejak ditetapkan pada 18 Agustus 1945 bersaman dengan penetapan konstitusi, tidak ada satu pun kelompok masyarakat yang menolak keberadaan Pancasila.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
boy