HNW Imbau Pemerintah Optimalisasi Alokasi Kuota Tambahan Haji

HNW Imbau Pemerintah Optimalisasi Alokasi Kuota Tambahan Haji
Wakil Ketua MPR M. Hidayat Nur Wahid mengapresiasi Indonesia mendapatkan kuota haji 100% pada musim haji tahun 1444 H. Foto Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR M. Hidayat Nur Wahid mengapresiasi Indonesia mendapatkan kuota haji 100% pada musim haji tahun 1444 H.

HNW, sapaan akrab Hidayat Nur Wahid- mengimbau Pemerintah Indonesia mengoptimalkan lobi untuk mendapatkan alokasi tambahan kuota haji 2023 bagi jamaah Indonesia.

Dia berharap pemerintah menjaga biaya haji pada tingkat yang tidak berubah ekstrem dari tahun sebelumnya yang bisa membebani calon jemaah Haji.

HNW juga mengingatkan keberangkatan jamaah Haji 2023 dimulai sekitar awal Juni.

Sehingga idealnya upaya diplomasi dan penjajakan kontrak transportasi/akomodasi sudah dioptimalkan mulai bulan Januari ini.

“Namun, diplomasi maksimal ke pihak Kerajaan Arab Saudi harus terus dilakukan agar angka tersebut benar-benar bisa direalisasikan, bahkan bisa bertambah,” kata Hidayat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/1).

Diketahui, sebelum pandemi Covid-19, kuota jamaah haji Indonesia adalah 221 ribu orang.

Namun, akibat Covid-19, keberangkatan jamaah non-Saudi sempat ditutup dan ketika dibuka di 2022, Indonesia hanya mendapatkan kuota 100 ribu orang.

Wakil Ketua MPR M. Hidayat Nur Wahid mengapresiasi Indonesia mendapatkan kuota haji 100% pada musim haji tahun 1444 H.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News