HNW Kecam Penolakan Israel Memberikan Vaksin Covid-19 untuk Warga Palestina

HNW Kecam Penolakan Israel Memberikan Vaksin Covid-19 untuk Warga Palestina
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Dr. HM Hidayat Nur Wahid, M.A mengkritik keras diskriminasi Israel yang menolak memberikan vaksin Covid-19 untuk warga Palestina di daerah pendudukan mereka.

Sosok yang karib disapa Ustaz HNW ini menegaskan bahwa penolakan pemberian vaksin Covid-19 itu merupakan pelanggaran terhadap konvensi internasional.

Apalagi, lanjut HNW, World Health Organization (WHO) pada Selasa (12/1) sudah secara langsung meminta Israel memberikan vaksin untuk membantu para tenaga kesehatan Palestina. Termasuk tenaga kesehatan Palestina di wilayah pendudukan Israel.

"Perilaku penjajah dan pelanggar ketentuan internasional serta HAM makin dipertontonkan Israel, bahkan terkait penanganan Covid-19 yang menjadi pandemi," kata HNW dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/1).

Wakil ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menegaskan bahwa sikap dan pandangan Israel ini layak ditolak oleh warga dunia yang cinta kemanusiaan dan HAM. "Serta menginginkan pandemi Covid-19 segera bisa diatasi dengan vaksinasi," tegasnya.

Anggota DPR RI dari Dapil II DKI Jakarta ini menyebut penolakan memberi vaksin untuk Palestina adalah indikator darurat bahwa diskriminasi Israel makin melewati batas. Terlebih melihat data WHO, Rabu (6/1), saat ini hampir 1 di antara 3 orang Palestina terkena Covid-19 akibat keterbatasan fasilitas kesehatan.

“Israel memang terbiasa melanggar hukum dan ketetapan internasional. Namun diskriminasi kali ini luar biasa dan melewati batas," katanya.

HNW mengatakan Israel sengaja mengabaikan kondisi kemanusiaan yang menimpa Palestina akibat pandemi Covid-19.

Tindakan ini makin menunjukkan Israel sebagai penjajah, pelanggar HAM, dan mempraktikkan sistem apartheid.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News