HNW: Pemerintah Mestinya Menolak Timnas Israel Main di Indonesia

HNW: Pemerintah Mestinya Menolak Timnas Israel Main di Indonesia
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid ketika menerima Ketua Presidium MER-C, dr. Sarbini Abdul Murad, di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR, Senayan, Jakarta Pusat. Foto: dok MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid meminta agar agar Pemerintah Indonesia menolak kehadiran Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan pada 22 Mei – 11 Juni 2023 di Indonesia.

HNW, sapaan akrabnya, mengapresiasi sikap MerC dan warga Indonesia yang menyampaikan aspirasi konstitusionalnya ke MPR.

Sebab, kata dia, pembukaan UUD 1945 yang selalu disosialisasikan oleh MPR menegaskan tentang penolakan terhadap penjajahan seperti yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina.

"Maka sewajarnya kalau pemerintah tidak mengizinkan tim Israel main di Indonesia, sebagaimana dahulu sudah dilakukan oleh Presiden Sukarno," kata dia ketika menerima Ketua Presidium MER-C, dr. Sarbini Abdul Murad di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR, Senayan, Jakarta Pusat.

Dia menambahkan Indonesia sebagai negara berdaulat yang tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel, lebih mudah untuk menolak.

Indonesia, ungkap dia, bisa dengan tegas menyampaikan tidak memberi visa untuk warga berpaspor Israel.

Apalagi sebagai negara merdeka dan berdaulat, Indonesia bisa belajar dari banyak even olahraga internasional yang menghargai kekhasan tradisi maupun aturan yang dimiliki oleh masing-masing negara.

Saat penyerahan piala Formula 1 di negara-negara Teluk misalnya, bisa tanpa memakai sampanye. Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, malah tegas menolak segala yang terkait dengan LGBT.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid meminta agar Pemerintah Indonesia menolak kehadiran Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News