HNW Sebut Jasa Ulama Bagi Bangsa Ini Sangat Besar

HNW Sebut Jasa Ulama Bagi Bangsa Ini Sangat Besar
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid alias HNW. Foto Ricardo/JPNN

jpnn.com, SUMENEP - Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid MA menegaskan para ulama dan umat Islam di berbagai wilayah Indonesia memberi kontribusi besar bagi kemerdekaan Indonesia.

Di Madura, dikenal ada seorang ulama besar. Dua orang santri itu dikenal sebagai KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Ahmad Dahlan, masing-masing sebagai pendiri Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Kedua ulama itu pernah mengenyam ilmu dari Syaikhona Muhammad Kholil yang dikenal sebagai Syaikhona Kholil al-Bangkalani.

Menurut dia Syaikhona Kholil al-Bangkalani sangat layak dianugerahi gelar sebagai Pahlawan Nasional, meski beliau tidak pernah mengharapkan itu.

"Tetapi kita sebagai penerus, tentu merasa senang jika orang yang kita hormati mendapat penghargaan yang layak," ungkap HNW-panggilan akrabnya saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR, dihadapan Warga Kabupaten Sumenep, Jawa Timur secara virtual, Sabtu (25/9).

Ikut hadir di acara tersebut Ketua Yayasan Dakau Lamak Dr. Mohammad Hidayaturrahman, Ketua Umum DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan, Sekretaris DPW PKS Jawa timur Ahmadi, Ketua umum DPD PKS Sumenep Rimbun Hidayat, dan Sekretaris DPD PKS Seumenep Manansyah.

HNW menjelaskan peninggalan sejarah dari jejak langkah Syaikhona Kholil patut ditiru dan menjadi inspirasi bagi masyarakat Sumenep.

Terlebih ketika bangsa Indonesia memperingati pengkhianatan PKI, pada bulan September ini.

Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid MA menegaskan para ulama dan umat Islam di berbagai wilayah Indonesia memberi kontribusi besar bagi Indonesia