HNW: Umat Islam Harus Berperan Mengisi Kemerdekaan

HNW: Umat Islam Harus Berperan Mengisi Kemerdekaan
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid pada acara Sosialisasi Empat Pilar kepada organisasi kepanduan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (1/12). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan politikus dan tokoh umat Islam harus berperan dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Ia menyebut beberapa tokoh seperti Mohammad Natsir, Mohammad Roem, Syafruddin Prawiranegara, Agus Salim, Wachid Hasyim, Kasman Singodimedjo, dan Ki Bagus Hadikusumo.

"Mereka tokoh-tokoh bernas yang berperan penting dalam menyusun dasar negara, konstitusi, dan mempertahankan NKRI,” ujar HNW sapaan Hidayat Nur Wahid pada acara Sosialisasi Empat Pilar kepada organisasi kepanduan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (1/12).

Berdasarkan fakta sejarah, Hidayat menyebut sangat besar peran politisi dan tokoh umat Islam dalam masalah kebangsaan dan kenegaraan. HNW mengajak umat Islam untuk terus melanjutkan perjuangan mereka.

“Umat Islam harus berperan dalam mengisi kemerdekaan,” ujarnya.

“Kita harus berperan dalam bidang politik, birokrat, dan bidang lainnya," paparnya.

Dalam mengisi kemerdekaan, HNW berharap, umat Islam tidak melakukan sikap 'asal bapak senang' dalam pembangunan.

Dia mengatakan, umat Islam harus sayang kepada Indonesia. Maksud kata sayang, kata HNW, adalah bukan seperti sayang kepada seseorang lalu membiarkan apa yang ia maui, namun harus mengingatkan bila menyimpang.

“Kita ingatkan bila ada yang salah," ujarnya.

Mereka tokoh-tokoh bernas yang berperan penting dalam menyusun dasar negara, konstitusi, dan mempertahankan NKRI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News