HNW Yakin Penghapusan Ujian Nasional Jawab Keluhan Masyarakat

HNW Yakin Penghapusan Ujian Nasional Jawab Keluhan Masyarakat
Hidayat Nurwahid. Foto: Humas MPR/dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid mendukung usulan cawapres Sandiaga Uno yang ingin menghapus ujian nasional. Menurut Hidayat, usulan itu bisa menjawab apa yang menjadi keluhan masyarakat.

"Banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan ujian nasional yang tidak merealisasikan tujuan pendidikan itu sendiri," kata Hidayat usai menyaksikan debat ketiga Pilpres antara Sandiaga dan KH Ma'ruf Amin di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Hidayat mengatakan mata pelajaran yang diujikan tidak menjawab keinginan menghadirkan pendidikan yang lebih berkualitas.

"Pada akhirnya menghadirkan konflik antara guru, karena sebagian guru merasa mata pelajarannya tidak diperhatikan oleh murid karena mata pelajarannya tidak diujikan di tingkat nasional," paparnya.

Selain itu, kata Hidayat, peserta didik sering fokus pada mata pelajaran yang diujikan di tingkat nasional.

"Jadi tidak fokus pada hal-hal yang terkait pada minat dan bakatnya karena belum tentu minat bakatnya sesuai dengan yang diujikan di tingkat nasional," katanya.

Wakil ketua MPR itu mengatakan, program Sandi menghapus ujian nasional itu lebih kepada upaya menghadirkan pendidikan yang link and match dalam konteks relasi antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

BACA JUGA: Sepertinya Sandi Tak Paham Pertanyaan Kiai Ma'ruf soal Dana Transfer Daerah

Hidayat Nur Wahid mendukung gagasan cawapres Sandiaga Uno yang akan menghapus ujian nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News