Honda GL 100 1980: Maskot Kopi Racer

Honda GL 100 1980: Maskot Kopi Racer
Honda GL 100 1980: Maskot Kopi Racer. Foto Ototrend/JPNN.com

jpnn.com - Tampilan cafe racer memang kerap kali membius modifmania pengguna sport tanah air. Pasalnya, modifikasi retro bergaya motor balap jaman dulu ini, diklaim mengangkat derajat motor klasik yang marak diaplikasi ke tema cafe racer.

Tapi bagi Gatot, modifmania asal Pasuruan, Jawa Timur, konsep modif cafe racer menjadi inspirasi untuk membuka warkop bernama Kopi Racer.
    
Modifmania tambun ini mengarsitekinya sendiri, dengan bantuan bengkel bubut dan las kepercayaannya. Proyek awal dimulai pada rombakan rangka. Untuk down tube dibuat dobel, hasil replika milik Scorpio. Diteruskan penambahan sub frame buritan yang dirancang lurus sejajar dengan sub frame penopang tangki.

Agar lebih kekar khas rangka cafe racer, sub frame tambahan dirancang menjadi penyanggah jok buritan dan nyambung dengan sub frame penopang mesin, kemudian difinishing dengan warna merah.
    

Untuk desain bodi, Gatot mengaplikasi tangki Yamaha Yasi 125 Twin hasil buruannya dari Malang. "Sipnya, penampang tangkinya berkontur segitiga, jadi nyambung dengan tema cafe racer," katanya.

Kalau kover penutup aki, dipesan ke bengkel kenteng knalpot. Didesain ramping, berikut tambahan ruang buat moncong karbu. Kalau buritan dirancang khas cafe racer, berikut dengan stoper pantat komplit dengan buntut tawon yang berbahan plat galvanis. Dan sentuhan warna bodi, merujuk pada silver yang pas dengan kombinasi merah rangka.  
    
Lanjut ke kaki-kaki, dikawal sok depan KLX-150 komplit dengan segitiga atas bawahnya, cuman bagian atasnya dipotong 23 cm, untuk mendapat ground clearence yang lebih rendah.
Sedang lengan ayun dipinang dari Satria R yang ditopang sok GL-Max dan ditambahkan tabung untuk mendapat kesan retro. "Kalau velgnya berbasis balok Enkei yang kurubah menjadi kaleng berprofil 180-17 dan 250-17," tutup Gatot. (pid/ototrend/jpnn)

Spek Modif :
BLOK SILINDER : Jaguar, AS KRUK : Tiger, PISTON : Scorpio, FORK : KLX 150, SWING ARM : Satria R, FUEL TANK : Yamaha Yasi, PELEK : Custom Enkei 180-17 & 250-17, BAN :
Swallow 110/70-17 & 120/70-17, TROMOL : Ninja & Tiger, MODIFIKATOR : By Gatot, Jl. Panglima Sudirman 116, Pasuruan

1    : FUEL TANK. So Cool Jarahan Yasi
2    : ENGINE. Truely Racing Performance
3    : SOK BLK. Kustomisasi Jangkung
4    : GATOT KOPI RACER. Dalang Kustomisasi Maskot Kopi Racer

 


Tampilan cafe racer memang kerap kali membius modifmania pengguna sport tanah air. Pasalnya, modifikasi retro bergaya motor balap jaman dulu ini,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News