Horeee, Pemerintah Bangun Dua Kapal Markas Indonesia Tahun Depan

Galangan Lokal Harap Pemerintah Dukung Produksi Dalam Negeri

Horeee, Pemerintah Bangun Dua Kapal Markas Indonesia Tahun Depan
Empat armada kapal pengawas perikanan yang diluncurkan, Jumat (19/12) kemarin, diharapkan dapat memperketat pengawasan ilegal fishing di perairan Indonesia. foto: Batam Pos / JPNN.com

jpnn.com - BATAM - Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Asep Burhanudin mengungkapkan Indonesia akan memiliki sebuah kapal serbaguna pada tahun 2016 mendatang.

Pemerintah berencana membangun dua kapal markas yakni kapal serbaguna yang bisa bertahan selama dua bulan di tengah laut. "Kapal ini multipurpose (serbaguna), menyediakan logistik, ada pelatihan, rumah sakit dan lain-lain," kata Asep di Batam, seperti dikutip dari batampos.co.id (group JPNN), Sabtu (19/12).

Menurut Asep, dua kapal markas tersebut akan dibangun oleh galangan kapal lokal. Siapa yang membangun lanjutnya, tergantung PT PAL Indonesia (Persero)sebagai leading sektor dengan memberdayakan galangan-galangan kapal dalam negeri. 

"Nanti yang diberdayakan 200 galangan kapal dalam negeri. Ini saya setuju, dengan cinta produk dalam negeri," pungkasnya. 

Senada dengan yang disampaikan Asep, pihak PT Palindo Marine berharap pemerintah dapat semakin mendukung galangan lokal dalam memproduksi kapal dengan memesan produk galangan lokal. 

"Kami harap galangan lokal semakin didukung oleh pemerintah, seperti  kebijakan memprioritaskan galangan lokal daripada galangan luar," kata Pelaksana Harian PT Palindo Marine, Charles Wirawan. 

Setiap kapal tersebut dapat menyerap tenaga kerja 30 hingga 40 tenaga kerja dengan masa produksi dari Mei hingga Desember.

Untuk itu, dia menyampaikan pihaknya akan berkomitmen untuk lebih meningkatkan kualitas produk. "Seperti kualitas baik dari segi pengerjaan maupun material," katanya. 

BATAM - Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Asep Burhanudin mengungkapkan Indonesia akan memiliki sebuah kapal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News