HOREE...NTT Dihadiahi 9 Pelabuhan

HOREE...NTT Dihadiahi 9 Pelabuhan
Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan (ketiga kiri), saat meresmikan sembilan pelabuhan di wilayah NTT, Minggu (8/5) di Pelabuhan Atapupu, Kabupaten Belu, Provinsi NTT. FOTO: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com - ATAMBUA – Lagi, Provinsi NTT dihadiahi sembilan buah pelabuhan terdiri dari enam pelabuhan berskala besar dan tiga lainnya pelabuhan penyeberangan.

Sembilan pelabuhan itu diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan, Minggu (8/5) di Pelabuhan Atapupu. Kehadiran Menhub dan pejabat negara lainnya disambut secara adat oleh para pemangku adat.

Pelabuhan Atapupu yang diresmikan, secara hirarki ditetapkan sebagai pelabuhan regional yang akan digunakan sebagai tempat bongkar muat barang, penumpang maupun peti kemas dengan kapasitas, 300 DWT. Sedangkan lima pelabuhan lainnya umumnya digunakan sebagai pelabuhan penumpang lokal.

“Peresmian sembilan pelabuhan yang ada di NTT iini merupakan seri dari 33 pelabuhan yang sudah diresmikan di wilayah Indonesia dalam beberapa waktu belakangan,” ujar Jonan seperti dilansir Timor Express (JPNN Group).

Jonan berharap ke depannya pelabuhan-pelabuhan yang sudah ada bisa disinggahi oleh armada kapal dari berbagai daerah sebagai tempat bongkar muat barang maupun penumpang demi kemajuan pembangunan maupun ekonomi masyarakat di NTT.

Dia mengakui salah satu persoalan serius yang masih mengganjal kegiatan di pelabuhan adalah masih minimnya alat bongkar muatan. Karena itu, ke depan pihaknya akan mengusahakan untuk melengkapi kekurangan yang melilit kelancaran pelayanan pelabuhan.

“Target kami, dalam waktu tidak terlalu lama sudah harus ada alat bongkar muat di semua pelabuhan sehingga tidak terus menghambat kegiatan di pelabuhan,” kata Jonan.

Turut hadir pada acara peresmian, antara lain Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, Ketua Komisi V DPR RI, Farry Djemmy Francis, Kapolda NTT Brigjen Pol. Widya Sunario, Bupati Belu Willybrodus Lay, Wakil Bupati Belu, J.T. Ose Luan, Kapolres Belu, AKBP Dewa Putu Gede Artha, Ketua DPRD Belu, Januaria Awalde Berek, Wakil Ketua DPRD Belu, Benny Halle serta sejumlah pejabat eksekutif lingkup Pemkab Belu lainnya.(JPG/ogi/fri/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News