HS Ubah Warna Pertalite jadi Mirip Premium, Kapolres: Ini Cukup Aneh

HS Ubah Warna Pertalite jadi Mirip Premium, Kapolres: Ini Cukup Aneh
Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin didampingi Kapolsek Ketapang AKP Samsul Bahri menunjukkan pertalite asli (hijau) dan yang sudah diubah warnanya mirip premium (kuning), serta terduga pelakunya di Sampit, Senin (11/10/2021). Foto: Antara

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Seorang pria di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, inisial HS diduga mengoplos bahan bakar minyak jenis pertalite dengan bahan tertentu guna sehingga warnanya mirip BBM jenis premium demi mendapat keuntungan.

Pria tersebut ditangkap jajaran polres Kotawaringin Timur saat melakukan pengoplosan di sebuah rumah di Jalan Jembatan Kuning Gang Sabar Menanti Kelurahan Ketapang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Abdoel Harris Jakin mengakui kasus pengoplosan BBM itu tergolong aneh.

"Ini cukup aneh juga. Biasa itu kan kasusnya pengoplosan menyerupai BBM jenis yang lebih mahal seperti pertalite atau pertamax, ini justru pertalite dioplos sehingga warnanya mirip premium atau bensin. Hanya warnanya yang mirip, soal kandungannya, kami belum tahu karena itu perlu pengujian laboratorium," kata AKBP Abdoel Harris Jakin didampingi Kapolsek Ketapang AKP Samsul Bahri di Sampit, Selasa (12/10).

Pengungkapan kasus ini berawal dari informasi masyarakat pada Jumat (8/10) yang kemudian ditindaklanjuti oleh Polsek Ketapang.

Polisi menangkap HS yang sedang melaksanakan pengoplosan di rumah di Jalan Jembatan Kuning Gang Sabar Menanti Kelurahan Ketapang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Barang bukti yang disita antara lain berupa tandon air berkapasitas 1000 liter, 33 jeriken, timbangan, serbuk "bleaching earth terram" untuk pemutih, bahan bakar mirip premium serta barang bukti lainnya.

HS melakukan pengoplosan dengan cara memasukkannya serbuk bleaching earth terram ke dalam pertalite.

Seorang pria di Sampit mengubah warna pertalite menjadi mirip premium, simak penjelasan Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Abdoel Harris Jakin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News