Huda: Kenaikan Anggaran Olahraga 2,5 Persen dari APBN Masuk Prolegnas Prioritas 2021

Senin, 07 Desember 2020 – 10:21 WIB
Huda: Kenaikan Anggaran Olahraga 2,5 Persen dari APBN Masuk Prolegnas Prioritas 2021 - JPNN.com
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda saat ditemui di Kompleks Parlemen beberapa waktu lalu. Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan perjuangan untuk memuluskan kenaikan anggaran keolahragaan sebesar 2,5 persen dari APBN masih terus dilakukan.

Menurut Huda, kenaikan anggaran keolahragaan ini sangat penting untuk mewujudkan cita-cita agar prestasi olahraga nasional bisa lebih optimal.

"Untuk mewujudkan APBN 2,5 persen bagi olahraga Indonesia harus diperjuangkan bersama-sama. Kemenpora menjadi bagian penting untuk mewujudkan harapan ini," kata Huda di Jakarta, Senin (7/12).

Huda menjelaskan, proses untuk menaikkan anggaran bidang keolahragaan di APBN yang saat ini kurang dari 1 persen, dilakukan Kemenpora melalui perubahan Undang-Undang Nomor 3/2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN).

Politikus asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga memastikan upaya menaikkan anggaran olahraga dari APBN akan dimasukkan dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas untuk 2021.

Huda juga menegaskan bahwa porsi 2,5 persen APBN untuk olahraga tidak dalam bentuk hibah.

Menurutnya, anggaran tersebut bertujuan untuk menumbuh kembangkan ekosistem olahraga yang lebih baik, melalui pengembangan sport science dengan menggandeng perguruan-perguruan tinggi.

"Anggaran tersebut bisa disalurkan melalui lembaga-lembaga pendidikan yang mempunyai concern mengembangkan olahraga, pemerintah daerah, hingga pengurus cabang olahraga yang terdaftar di KONI," jelas Huda.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...