Hujan Deras, Sejumlah Titik Langsung Banjir

Hujan Deras, Sejumlah Titik Langsung Banjir
Sejumlah titik di kota Batam, Kepri tergenang akibat hujan deras, Jumat (8/10). Foto: dok. JPNN

jpnn.com - BATAM - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (7/10), menyebabkan sejumlah titik terendam banjir. Bahkan, akses di sejumlah ruas jalan di Batuaji dan Sagulung terputus karena terendam banjir. 

Penyebabnya, saluran air atau drainase tak mampu membendung debit air, sehingga air meluap hingga menggenangi badan jalan. 

Pantauan Batam Pos (Jawa Pos Group) di lapangan lokasi yang terendam banjir cukup banyak. Di antaranya di Jalan Brigjen Katamso Batuaji persisnya depan PT Nippon, Tanjunguncang, Jalan Raya R Suprapto Batuaji seperti di depan SPBU Simpang Basecamp, dan Pasar Melayu. Kemudian, depan Perumahan Puskopkar, MKGR hingga ke lokasi jalan rendah depan SPBU Sendawangi, Batuaji.

Kondisi banjir yang paling parah terjadi di Jalan Marina Raya, Sekupang. Genangan air mengepungi hampir seluruh ruas jalan menuju kawasan wisata Marina itu. Titik banjir mulai Simpang Perumahan Jupiter hingga Perumahan Marina Kota Mas.

Banjir di jalan utama itu benar-benar membuat pengguna jalan kewalahan. Pasalnya, selain menyebabkan kemacetan, juga sejumlah pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan. Sebab, lubang-lubang yang terdapat di jalan tersebut tertutup genangan air, sehingga banyak pengendara yang terperosok. 

"Banyak tadi (kemarin) pengendara sepeda motor yang jatuh. Mereka tak tahu kalau ada lubang di tengah jalan, karena tertutup genangan air," kata Andre, warga Marina.

Dia menuturkan, penyebab terjadinya banjir karena saluran drainase tidak berfungsi dengan baik. Sebab, drainase di lokasi titik banjir itu, umumnya tersumbat sampah dan tanah. 

Sementara itu, sejumlah ruas jalan di wilayah Sekupang juga terendam air setinggi 20-30 centimeter. Seperti terlihat di Sekolah Ulil Albab, Patam Lestari, Marina-Tanjungriau, dan Jalan Gajah Mada depan Pasar Cipta Puri dan depan Tiban I atau dikenal juga Tiban Princes. Beberapa pengendara motor terlihat mendorong motor mereka karena mogok akibat terendam air.

BATAM - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (7/10), menyebabkan sejumlah titik terendam banjir. Bahkan, akses di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News