Minggu, 21 April 2019 – 13:17 WIB

Hujan Deras Sungai Meluap, 9 Desa Teredam Banjir

Senin, 21 Januari 2019 – 11:37 WIB
Hujan Deras Sungai Meluap, 9 Desa Teredam Banjir - JPNN.COM

jpnn.com, BREBES - Dua hujan deras yang mengguyur beberapa hari belakangan menyebabkan sembilan desa di Kabupaten Brebes dan Pemalang, Jateng, teredam banjir.

Dari informasi yang dihimpun, di Kabupaten Brebes, Minggu (20/1), enam desa di Kecamatan Banjarharjo bagian selatan tergenang banjir. Keenam desa tersebut yakni Desa Sindanghela, Bandungsari, Pananggapan, Blandongan, Cipajang, dan Kertasari.

Sementara di Kabupaten Pemalang, tiga desa di Kecamatan Ulujami terendam banjir juga akibat hujan yang mengguyur sejak Kamis malam hingga Jumat malam lalu. Ketiga desa tersebut yakni, Desa Tasikrejo, Samong, dan Rowosari.

Camat Banjarharjo Munaedi mengatakan, dari laporan yang diterima olehnya, banjir tersebut diakibatkan sejumlah sungai yang ada di wilayah itu meluap. "Iya benar (enam desa terendam banjir, red)," katanya saat ditanya terkait musibah banjir tersebut.

Dia menjelaskan, dari enam desa yang paling parah yakni Desa Cipajang. Diman di desa tersebut ketinggian air mencapai 50 sentimeter (cm). "Air yang cukup tinggi berada di Desa Cipajang," ungkapnya.

Tidak hanya banjir, jalur Banjarharjo menuju Kecamatan Salem juga mengalami longsor. Jalur tersebut berada di Desa Sindanghela. Dari longsor sepanjang 10 meter tersebut akses jalan dari Banjarharjo menuju Salem untuk sementara ditutup.

"Untuk sementara jalur tersebut (terkena longsor) tidak bisa dilalui kendaraan roda dua, roda empat maupun pejalan kaki," ujar dia.

Dari laporan yang dia dapat, lanjut dia, di lokasi longsor tersebut sudah ada beberapa relawan dan masyarakat yang sudah mulai membersihkan material longsor. "Walau tidak bisa dilewati, tapi sejumlah warga dari berbagai unsur sudah mulai bekerja sama membersihkan material longsor," ungkapnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar