Hujan Lebat Disertai Petir Berpotensi Melanda Sebagian Wilayah Indonesia, Ini Pemicunya

Hujan Lebat Disertai Petir Berpotensi Melanda Sebagian Wilayah Indonesia, Ini Pemicunya
BMKG minta warga waspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan melanda sebagian besar wilayah di Indonesia pada Jumat (20/1).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Bali, Bangka Belitung.

Kemudian, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Lalu, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan.

BMKG memprakirakan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jabodetabek masih dapat terjadi hingga Februari mendatang.

"Saat ini ada beberapa faktor dinamika atmosfer yang dapat memicu potensi peningkatan hujan di wilayah Jabodetabek untuk sepekan ke depan," ujar Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto.

Dia mengemukakan faktor pemicunya antara lain aktifnya Gelombang Kelvin di sekitar wilayah Indonesia selatan ekuator.

Kemudiam MJO (Madden Jullian Oscillation) yang diprediksikan mulai aktif kembali di sekitar Samudra Hindia barat Sumatera dalam periode akhir Januari.

Potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan melanda sebagian besar wilayah di Indonesia pada Jumat (20/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News