Hujan Lebat, Pohon Palem Timpa Mobil di Kawasan Elite

Hujan Lebat, Pohon Palem Timpa Mobil di Kawasan Elite
EVAKUASI. Petugas dari Sudin Kehutanan Kota Administrasi Jakarta Selatan memotong pohon yang tumbang di kawasan Kebayoran Baru, Kamis (3/5). (Evi Ariska/JawaPos.com)

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah pohon tumbang di kawasan elite Jalan Sriwijaya Raya Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (3/5).

Kepala Suku Dinas Kehutanan Kota Administrasi Jakarta Selatan Yuswardi menerangkan, pohon berjenis palem raya itu tumbang sekitar pukul 15.30 WIB.

Angin kencang disertai hujan mengakibatkan pohon setinggi 15 meter itu tumbang dan menimpa sebuah mobil.

"Kami kerahkan 10 petugas buser Kehutanan untuk melakukan penanganan evakuasi terhadap pohon yang menimpa mobil tersebut," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (3/5). Mobil yang tertimpa itu mengalami kerusakan pada bagian tengah.

Pihak Sudin Kehutanan pun akan melakukan pemangkasan pohon baik tingkat berat, sedang dan ringan untuk mencegah kejadian yang sama.

"Untuk kondisi pohon yang mengalami keropos berat, miring extrim, kami lakukan penebangan," ungkapnya.

Tak hanya melakukan pemangkasan pohon tua, Yuswardi juga mengimbau masyarakat agar tidak membakar sampah di bawah pohon. Pasalnya, hal itu dapat menyebabkan akar pohon rapuh.

"Karena pertumbuhan perakaran menjadi terhambat akibat area penanaman terpotong dengan jalan dan saluran sehingga pohon menjadi lebih rawan tumbang," tandasnya. (eve/JPC)


Sebuah pohon tumbang di kawasan elite Jalan Sriwijaya Raya Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (3/5).


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News