HUT ke-43 Satpam Nasional, Dukung Pemilu Aman & Damai

HUT ke-43 Satpam Nasional, Dukung Pemilu Aman & Damai
Menyambut HUT ke-43 Satpam Nasional diisi dengan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk menghormati 'Bapak Satpam Indonesia' Jenderal Polisi Awaloedin Djamin. Foto dok. Asosiasi Sekuriti

jpnn.com, JAKARTA - Menyambut HUT ke-43 Satuan Pengaman (Satpam) Nasional diisi dengan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Kegiatan yang diikuti Polri, Asosiasi Pengguna Jasa Security Indonesia (APJASI), Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI), dan beberapa Asosiasi Sekuriti terkait itu untuk menghormati 'Bapak Satpam Indonesia' Jenderal Polisi Awaloedin Djamin. 

Selain itu, acara ini juga merefleksikan sinergi antara Satpam dan Polri dalam memperkuat keamanan nasional, khususnya menjelang tahun politik.  

Dengan tema "Satpam Tangguh Mendukung Pemilu Aman dan Damai", acara ini menyoroti peran Satpam dalam menghadapi tantangan keamanan yang makin kompleks di era kemajuan teknologi dan digitalisasi, terutama menjelang Pemilu 2024.

Direktur Pembinaan Potensi Masyarakat, Korps Pembinaan Masyarakat, Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Ditbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri) Brigjen Pol Edy Murbowo yang hadir selaku inspektur menekankan perlunya sinergi pengamanan menjelang pemilu.

"Sebagai fungsi pengemban kepolisian terbatas, Satpam diharapkan ikut membantu Polri dalam menciptakan kondisi aman dilingkungan kerja masing-masing," kata Brigjen Pol Edy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/12).

Khususnya menjelang Pemilu ini, ujarnya, perlu melakukan pengawasan dan pengamanan agar masyarakat menjadi tenang dan nyaman dalam menyambut pesta demokrasi di Indonesia.

Edy menambahkan bahwa Satpam harus bisa bertindak lebih dari sekadar penjaga, mereka harus menjadi bagian integral dalam menyelesaikan masalah keamanan. 

HUT ke-43 Satpam Nasional, berbagai asosiasi Sekuriti bersama Polri sepakat untuk mendukung pemilu aman dan damai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News