HUT PDIP, Megawati Perintahkan Kadernya di Seluruh Daerah Terjun Bersihkan Sungai

HUT PDIP, Megawati Perintahkan Kadernya di Seluruh Daerah Terjun Bersihkan Sungai
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meresmikan Gerakan Membersihkan Sungai, Minggu (10/1). Screenshot video.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memerintahkan kepada kadernya di seluruh daerah untuk membersihkan sungai yang ada di tempat masing-masing.

Hal ini disampaikan Megawati saat meresmikan Gerakan Membersihkan Sungai, Minggu (10/1).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Ke-48 PDI Perjuangan yang puncak kegiatannya dilaksanakan pada sore hari ini.

"Gerakan ini saya pusatkan di Sungai Ciliwung dengan tema Cinta Ciliwung Bersih atau CCB. Saya berharap, agar di setiap daerah, seluruh kader struktural partai, eksekutif partai, dan legislatif partai juga melakukan hal yang sama," kata Megawati dalam video telekonfensi, Minggu (10/1).

Megawati mengatakan, kegiatan ini bertepatan dengan Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia.

Presiden Kelima RI itu memang sejak kecil selalu diajarkan untuk mencintai dan menjaga seluruh alam raya dan seisinya. Hal itu harus dilakukan untuk masa depan anak cucu bangsa.

"Oleh Bung Karno, sejak kecil, saya diajarkan sebuah prinsip tat twam asi, bahasa Sanskerta yang artinya aku adalah kamu, kamu adalah aku. Nilai ini sangat penting, tidak hanya dalam mengatur hubungan antarsesama, tetapi juga bagaimana memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan kita, bahasa Jawanya, mewayu hayuning bawana," kata Megawati.

Megawati melanjutkan, semua keindahan tanah air dan keanekaragaman flora dan fauna Indonesia yang kaya seharusnya dijaga.

Karena itu, penting bagi setiap orang untuk memiliki kesadaran terhadap lingkungan.

Atas dasar itu, Megawati memilih rangkaian kegiatan HUT dilakukan dengan penghijauan. Di mana semua kader partai bersama masyarakat menggerakkan diri terlibat di dalamnya. 

"Pilihlah sungai di setiap daerahmu, hijaukan sungai tersebut dari hulu ke hilir. Dengan penghijauan maka mata air akan dapat dijaga dan diselamatkan," kata Megawati. 

Menurut Megawati, mata air adalah sumber kehidupan. Dari sungai, mengalirlah air kehidupan yang sangat berguna bagi umat manusia, khususnya bagi pertanian, perikanan, juga kehidupan flora-fauna yang ada di seluruh dunia ini.

Secara khusus, Megawati juga bercerita soal bunga lotus yang dipilih sebagai logo gerakan tersebut, yang mengandung, makna tentang falsafah kehidupan.

Putri Proklamator RI Bung Karno itu menceritakan bunga Lotus adalah sejenis teratai yang hidup di dalam lumpur.

Namun, bunga tersebut mampu menampilkan keindahan dan bermanfaat bagi kehidupan.

"Bayangkan, dari akar, biji, hingga bunga dapat dimakan, dan berguna bagi Kesehatan," kata Megawati. 

Megawati meminta kader PDIP meniru filosofi bunga Lotus itu. Setiap kader garus memberikan memberikan kegunaan dan sumbangsihnya bagi rakyat, bangsa, dan negara Indonesia tercinta.

"Semoga apa yang dilakukan oleh PDI Perjuangan ini semakin memberikan inspirasi bahwa berpolitik itu bukan hanya berpolitik, berpolitik itu juga menyentuh aspek kehidupan yang paling mendasar, yakni termasuk menjaga lingkungan hidup agar tetap asri dan lestari. Terus rapatkan barisan. Tiada hari tanpa gerak perjuangan, termasuk penghijauan, karena ia memberikan napas kehidupan bagi tanah air kita Indonesia Raya," kata Megawati. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memerintahkan kepada kadernya di seluruh daerah untuk membersihkan sungai yang ada di tempat masing-masing. Kader diminta mengikuti filosofi hidup bunga Lotus.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News