Hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat Kembali Dirambah

Hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat Kembali Dirambah
Hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat kembali dirambah. Foto: jambiekspres/jpg

jpnn.com, MERANGIN - Kasus perambahan hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang berada di wilayah Kabupaten Merangin tepatnya di Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat, kembali terjadi beberapa pekan terakhir.

Kepala Desa Renah Alai, Zulhadi, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa perambah sudah kembali ke lokasi lahan TNKS yang berada di wilayah desanya. Katanya saat ini pihak desa sudah berkoordinasi dengan pihak aparat.

"Memang benar sudah ada lagi perambah yang kembali datang ke lokasi lahan TNKS yang berada di wilayah desa kami. Saya sudah berkoordinasi dengan pihak balai TNKS dan aparat," terang Zulhadi, (7/2).

Menurutnya, warga desa sudah turun ke lokasi. Dia menegaskan, warga Serampas tidak akan membiarkan para perambah menggarap hutan di kawasan desa mereka.

“Sampai titik darah penghabisan kami pertahankan,” tegasnya.

Sementara Dandim 0420 Sarko, Letkol Kav Royhat Happy Ariyanto turut membenarkan kabar tersebut dan sudah memerintahkan Danramil untuk mengecek ke lokasi.

"Kami juga baru saja mendapatkan laporan, untuk itu saya sudah perintahkan Danramil untuk memeriksa lokasi tersebut," ujar Letkol Kav Royhat Happy Ariyanto.

Sementara perwakilan Wilayah Satu Balai Besar TNKS, Jaya Sumpena, juga mengatakan pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat dan dalam waktu dekat akan mengecek lokasi untuk melakukan upaya persuasif.

Kasus perambahan hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang berada di wilayah Kabupaten Merangin tepatnya di Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat, kembali terjadi beberapa pekan terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News