JPNN.com

Hutan Seluas 20 Hektare di Kawasan Danau Toba Terbakar

Jumat, 20 September 2019 – 12:32 WIB Hutan Seluas 20 Hektare di Kawasan Danau Toba Terbakar - JPNN.com
Petugas tampak memadamkan kebakaran hutan dan lahan di kawasan Danau Toba. Foto: dokumen pribadi untuk sumutpos.co

jpnn.com, MEDAN - Kebakaran hebat juga terjadi di hutan perbukitan kawasan Danau Toba, tepatnya Desa Silalahi III, Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, pada Rabu (18/9).

Kebakaran itu menghabiskan sekitar 20 hektar hutan di sana. Petugas menduga, kebakaran tersebut disebabkan oleh warga yang membuang puntung rokok sembarangan.

Informasi yang beredar, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14.20 Wib, kemarin. Sekitar 50 orang anggota tim yang terdiri dari Manggala Agni, TNI/Polri dan dibantu masyarakat langsung turun ke lokasi terjadinya kebakaran untuk memadamkan api menggunakan alat seadanya.

Tim Gabungan sempat kesulitan menuju lokasi lantaran medan yang dilalui cukup berat dengan kemiringan sekitar 60 derajat. “Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.30,” kata Humas Manggala Agni Daops Sibolangit, Angfier Sinaga, Kamis (19/9).

Dia mengungkapkan, kebakaran tersebut terjadi diduga karena adanya seorang yang membuang puntung rokok sembarangan di wilayah itu hingga api menyebar dan membakar hutan di sana. “Hutan dan lahan yang terbakar di sana kurang lebih 20 hektar. Api cepat tersulut karena saat ini kondisinya lagi musim kering dan angin bertiup kencang sedangkan vegetasi semak belukar,” ungkapnya.

Menurut dia, hingga kini Polsek Silalahi terus menyelidiki penyebab kebakaran di tempat. Kepada semua pihak, dia berharap untuk menjaga hutan di tempat itu, agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Petugas juga masih bersiaga di lokasi kebakaran untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang. Selain itu, petugas juga berupaya melakukan mopping up sebagai bentuk penanganan pasca terjadinya kebakaran,” tutupnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bahagia Ginting juga menjelaskan, sulitnya medan yang curam dan terjal serta angin yang cukup kencang membuat tim merasa kesulitan untuk memadamkan api.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...