IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bertransformasi Menjadi UISSI, Menag Bilang Begini

IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bertransformasi Menjadi UISSI, Menag Bilang Begini
Menteri Agama saat launching program pembelajaran jarak jauh, menandai transformasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi UISSI. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, CIREBON - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambut positif transformasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI).

Transformasi itu ditandai dengan launching program pendidikan pembelajaran jarak jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam.

Menurut Menteri Agama, transformasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi UISSI merupakan upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

Dia menilai banyak masyarakat selama ini terkendala untuk mendapat akses pendidikan, khususnya para guru madrasah karena keterbatasan akses jarak dan biaya.

“Saya masih melihat guru-guru madrasah masih sulit mengejar kesejahteraannya, masih belum bisa mengejar sertifikasi."

"Saya kira ada dua hal utama menjadi penyebabnya. Yakni, ketiadaan biaya untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi dan biasanya madrasah berada jauh dari perguruan tinggi sehingga sulit meninggalkan madrasahnya,” ujar Yaqut Cholil di Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Selasa (14/12).

Menag optimistis, dengan adanya pendidikan berbasis siber yang dihadirkan UISSI, maka nantinya dapat memberi kesempatan para guru-guru madrasah untuk meningkatkan pendidikan.

"Pak Dirjen (Dirjen Pendidikan Islam Kemenag) sudah inisiatif yang kuliah di UISSI ini gratis,” ucapnya.

IAIN Syekh Nurjati Cirebon bertransformasi menjadi UISSI, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bilang begini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News