Keren, IAIN Syekh Nurjati Bertransformasi Jadi Universitas Islam Siber

Keren, IAIN Syekh Nurjati Bertransformasi Jadi Universitas Islam Siber
IAIN Syekh Nurjati Cirebon kini bertransformasi menjadi Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - IAIN Syekh Nurjati Cirebon bertransformasi menjadi Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI).

Tranformasi alih status tersebut akan ditandai secara formal dengan soft launching program PJJ PAI yang akan digelar di Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Selasa (14/12).

Terhadap langkah tersebut, Direktur Jendral (Dirjen) Pendidikan Islam, Kementerian Agama Muhammad Ali Ramdhani menyambut baik.

Dia mengatakan kehadiran Cyber Islamic University didasari semangat untuk memenuhi janji konstitusi, yaitu memastikan bahwa tidak ada warga negara yang tidak terlayani untuk kuliah di perguruan tinggi keagamaan Islam.

Guru Besar UIN Sunan Gunung DJati tersebut menegaskan bahwa transformasi kelembagaan yang digagas oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi Cyber Islamic University akan menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam siber di Indonesia.

“Dengan model pembelajaran yang sepenuhnya daring mulai dari proses pendaftaran mahasiswa sampai kelulusan, Cyber Islamic University diharapkan akan menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) pertama di Indonesia yang sepenuhnya diselenggarakan secara daring,” ujar Muhammad Ali Ramdhani, Senin (13/12).

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam Suyitno menilai kehadiran Cyber Islamic University merupakan tuntutan zaman dan langkah strategis yang ditempuh Kemenag untuk merespons kebutuhan di lapangan.

“Jadi Cyber Islamic University, UISSI ini bukan program gengsi-gengsian. Masih ada 86 ribu guru yang belum sarjana karena tidak dapat meninggalkan tugas mengajar."

Keren, IAIN Syekh Nurjati Cirebon kini bertransformasi menjadi Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News