Ibadah Haji 2021 Belum Ada Kepastian, Menag Yaqut: Tunggu Saja

Ibadah Haji 2021 Belum Ada Kepastian, Menag Yaqut: Tunggu Saja
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Jakarta, Senin (31/5). Rapat tersebut membahas tindak lanjut persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1442H dan isu-isu aktual. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, hingga saat ini masih belum ada kepastian pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 dari pemerintah Arab Saudi.

Gus Yaqut menyebutkan kuota pelaksanaan haji tergantung kepada pemerintah Arab Saudi dan belum ada negara mana pun yang menerima kepastian pelaksanaan ibadah rukun Islam kelima itu.

"Karena kuota haji tergantung pada pemerintah Saudi dan pemerintah Saudi belum mengumumkan itu. Ya, sudah. kalau soal kuota, tunggu saja," kata Yaqut usai rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Komplek Parlemen, Senin (31/5).

Meskipun begitu, ketua GP Ansor itu mengatakan pihaknya sudah menyiapkan skenario jika pada tahun ini pemerintah Arab Saudi memberikan kuota haji.

"Misalnya untuk perjalanan haji dalam masa pandemi ini harus melalui proses karantina, harus swab berkali-kali, harus ada pembatasan," katanya.

Pria kelahiran Rembang, Jawa Tengah itu menyebutkan semua teknis pelaksanaan dari Indonesia sudah disiapkan, tetapi pelaksanaan ibadah haji masih tergantung pada dua hal.

Pertama, apakah Indonesia atau jemaah haji dengan situasi pandemi Covid-19 akan tetap memaksakan pelaksanaan ibadah haji?

"(Kedua) Ataukah pemerintah Saudi membuka negaranya untuk jemaah asing?" tutur Yaqut. (mcr8/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Yaqut Cholil Qoumas menyebut pemerintah masih menunggu kepastian pelaksanaan ibadah haji dari Arab Saudi.


Redaktur & Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News