310 Calon Jemaah Haji Jalani Vaksinasi Covid-19, Machli: Vaksin Ini Halal

310 Calon Jemaah Haji Jalani Vaksinasi Covid-19, Machli: Vaksin Ini Halal
Seorang vaksinator menyiapkan vaksin Covid-19. Foto/ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANJARMASIN - Sebanyak 310 orang calon jemaah haji di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menjalani vaksinasi Covid-19 di Kantor Wilayah Kementerian Agama setempat pada Sabtu (29/5).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan mereka yang menjalani vaksinasi itu telah melunasi biaya haji.

Bila tidak ada kendala, para calon haji itu dijadwalkan berangkat ke tanah suci pada tahun ini.

"Sebenarnya ada sebanyak 588 orang calon jamaah haji yang sudah terdaftar lunas, namun sebagiannya sudah mengikuti vaksinasi di puskesmas," kata Machli.

Dia mengatakan vaksin Covid-19 yang digunakan untuk para calon jemaah haji itu sesuai dengan rekomendasi Majelis Ulama Indonesia, yakni jenis Sinovac.

"Sesuai rekomendasi dari Majelis Ulama Indonesia, vaksin Sinovac ini halal," ujar Machli.

Menurut dia, para calon haji bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 dengan membawa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan surat lunas biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).

Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel Rusbandi mengatakan calon haji yang dijadwalkan berangkat tahun ini adalah yang pemberangkatan pada 2020 tertunda akibat pandemi.

Calon jemaah haji yang menjalani vaksinasi Covid-19 telah melunasi ongkos dan rencananya diberangkatkan tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News