Ibas Ingatkan Program MP3EI Era SBY

Ibas Ingatkan Program MP3EI Era SBY
Ketua Fraksi DPR RI Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono - atau akrab disapa Ibas, dalam sebuah kesempatan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi VI di Bandung, pada 15 November 2019. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, BANDUNG - Mimpi Indonesia untuk memiliki kereta cepat segera terwujud. Sebuah terobosan dan transfer teknologi akan dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia menyusul negara-negara maju lainnya. Dalam progresnya, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diperkirakan akan rampung dan beroperasi di tahun 2021.

Walau sempat menuai beragam persoalan, proyek ini tetap berjalan dengan komitmen menggandeng Tiongkok untuk bahu-membahu berkerja sama dengan BUMN Indonesia.

November 2019, progres pembangunan proyek kereta dengan jarak tempuh 142,3 km ini sudah mencapai 36,01 persen. Pembebasan lahan pun sudah mencapai 99,06 persen.

Proyek KCJB sejatinya bukan rencana baru, mega proyek ini telah ada sejak tahun 2008 di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan bergulir hingga saat ini. Sebelumnya, salah satu proyek fenomenal yang diresmikan di masa kepemimpinan Presiden SBY adalah kereta api jalur ganda (double track) Jakarta-Surabaya. Proyek ini resmi dioperasikan pada Juli 2014 dan sukses meningkatkan geliat ekonomi masyarakat.

Ketua Fraksi DPR RI Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono - atau akrab disapa Ibas, dalam sebuah kesempatan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi VI di Bandung, pada 15 November 2019, memberikan apresiasi kepada pemerintah saat ini dalam upayanya untuk meneruskan niat baik pemerintahan SBY.

“Kami, memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang mengembangkan proyek besar dan bisa membanggakan bangsa kita karena program ini tidak lahir dalam satu hari tetapi melalui proses yang panjang,” ujar Ibas.

Ibas juga menjelaskan sebenarnya sudah ada roadmap pembangunan infrastruktur yang tertuang dalam Perpres RI Nomor 32 Tahun 2011 tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

“Dan saya pikir kita sudah punya roadmap sejak MP3EI tidak hanya double track. Pak Jokowi sudah gariskan ini dalam proyek nasional. Kami komisi VI ingin pastikan proyek ini berhasil 2021 dan segala aturan main dan segala aspek seperti keamanan, lingkungan, kualitas dan sebagainya dapat benar-benar terjaga dalam proyek besar ini.”

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diperkirakan akan rampung dan beroperasi di tahun 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News