Ibas: UMKM Sehat, Ekonomi Bangsa Kuat dan Pulih

Ibas: UMKM Sehat, Ekonomi Bangsa Kuat dan Pulih
Edhie Baskoro Yudhoyono alias Mas Ibas. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI asal daerah pemilihan Jawa Timur VII Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas menyebut ada langkah cerdas yang dapat diterapkan UMKM untuk membantu meringankan beban akibat pandemi Virus Corona (COVID-19).

Salah satu langkah itu adalah dengan memanfaatkan internet sebagai media pemasaran.

Ibas menyatakan pandangannya secara virtual dalam kegiatan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) bertajuk “Pasar Online Peluang Baru UMKM di Masa Pandemi”.

Acara berupa pelatihan bagi para pegiat UMKM, dilangsungkan serentak di dua lokasi, Magetan dan Trenggalek. Kegiatan itu dihadiri 100 orang pelaku UMKM.

Para peserta yang hadir bergerak di berbagai bidang, seperti alas kaki, tepung tapioka, rumah makan, pakaian, jasa, laundry, hingga kebutuhan rumah tangga.

"Dengan ilmu bisnis online secara kreatif, pegiat UMKM bisa mendapat pasar yang lebih terbuka, misalkan yang tadinya dipesan dalam jangkauan dekat saja, bisa dapat pasar baru yang jangkauannya jauh," ujar Ibas dalam keterangannya, Rabu (10/2).

Ketua Fraksi Demokrat DPR ini juga menambahkan, sejatinya platform digital bisa membuka banyak hal bagi para UMKM.

Di sela-sela sambutan dari Ibas, Ismail, pegiat tapioka dari Magetan menyampaikan aspirasinya.

Ibas meyakini ketika UMKM sehat dan dapat bangkit, maka ekonomi Indoensia menjadi kuat dan pulih dari keterpurukan akibat pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News