IBEA 2023 Momentum Akselerasi Transisi Energi demi Memacu Investasi

IBEA 2023 Momentum Akselerasi Transisi Energi demi Memacu Investasi
Pameran perlistrikan dan ajang penghargaan Indonesia Best Electricity Award (IBEA) 2023 digelar di Jakarta. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tantangan Indonesia ke depan adalah bagaimana mendukung pencapaian bauran energi sebesar 23% pada tahun 2023, meningkatkan peran indusri lokal dalam mendukung dan mempercepat pembangunan proyek-proyek kelistrikan, agar semua masyarakat di seluruh pelosok nusantara dapat menikmati listrik.

Dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan. 

Di antarnya, bagaimana kesiapan dan kemampuan industri ketenagalistrikan dalam negeri, kemampuan teknologi, kesiapan sumber daya manusia, kesiapan engineering yang memadai untuk membangun pembangkit tepat waktu akan terwujud.

Dengan meningkatkan peran dan kepercayaan kepada industri lokal, diharapkan akan menimbulkan multiplier effect sehingga semua pelaku bisnis subsektor kelistrikan dapat menikmati manfaat yang besar dari program pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Dalam memberikan dukungan terhadap industri kelistrikan ini, tentunya bukanlah hal yang mudah, pemerintah harus memperhatikan regulasi yang saling mendukung secara lintas sektoral, khususnya bagi sektor swasta yang akan sangat berperan besar dalam proyek pembangunan ketenagalistrikan.

Untuk mendukung ketersediaan, keterjangkauan, dan keandalan listrik, pameran perlistrikan dan ajang penghargaan Indonesia Best Electricity Award (IBEA) 2023 resmi digelar.

Pameran kelistrikan ke-10 dan IBEA ke-5, secara resmi dibuka oleh Dirjen ILMATE Kementerian Perindustrian Taufik Bawazier, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (22/2).

Ketua Dewan Juri IBEA 2023, Turiman dalam sambutannnya mengatakan, IBEA yang hadir  sejak 2015 ini awalnya merupakan sebuah gagasan bagaimana bisa memberikan evaluasi industri sektor energi dan kelistrikan Indonesia yang tidak dilakukan oleh pemerintah.

Pameran perlistrikan dan ajang penghargaan Indonesia Best Electricity Award (IBEA) 2023 digelar di Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News