IPO PGE Meningkatkan Bauran Energi Terbarukan

IPO PGE Meningkatkan Bauran Energi Terbarukan
PT Pertamina Geothermal Energy (PGE). Foto dok PGE

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa menilai pelepasan saham perdana atau initial public offering (IPO) PT Pertamina Geothermal Energy penting untuk optimalisasi bauran energi, yakni meningkatkan bauran energi terbarukan guna mencapai 34 persen pada 2030.

Selain itu, juga berperan besar dalam pencapaian target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

"IPO ini dimaksudkan untuk memperkuat pemodalan PGE untuk berinvestasi pengembangan panas bumi. Hal ini seiring rencana Indonesia mencapai NZE dan meningkatkan bauran energi terbarukan, yakni mencapai 34% pada 2030," ujar Fabby.

Fabby mengatakan, IPO PGE selaras dengan rencana pemerintah untuk menambah pasokan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 7 GW pada 2030.

Saat ini, PGE mengoperasikan 672 MW secara Own Operation dan 1205 MW melalui Joint Operation Contract (JOC).

Sementara itu, PGE menargetkan bisa meningkatkan kapasitas terpasang yang dikelola langsung PGE menjadi 1.272MW pada 2027.

“Dana yang didapat dari IPO ini dialokasikan untuk eksplorasi panas bumi dan ekspansi PLTP untuk menambah kapasitas. Ini berkaitan langsung dengan rencana strategis PGE,” tuturnya.

Terpisah, anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo mengatakan pelepasan saham PGE sebesar 25% dimaksudkan untuk pengembangan potensi panas bumi di Indonesia yang memiliki cadangan terbesar di dunia dengan potensi sumber daya sebesar 11.073 MW dan cadangan sebesar 17.506 MW.

IPO PGE selaras dengan rencana pemerintah untuk menambah pasokan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 7 GW pada 2030.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News