Ibu di Padang Kena Corona Setelah Anaknya Pulang dari Yogyakarta

Ibu di Padang Kena Corona Setelah Anaknya Pulang dari Yogyakarta
Juru Bicara COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal. Foto: ANTARA/Ist

jpnn.com, PADANG - Pasien positif terinfeksi virus corona di Sumatera Barat bertambah lima orang, Minggu (26/4).

Total kini kasus positif corona di Ranah Minang menjadi 102 orang.

Tiga dari lima pasien baru yang diumumkan kemarin berasal dari Kota Padang, dan dua orang dari Pesisir Selatan.

“Dari rata-rata 300 sampel swab pasien per hari yang dilakukan pemeriksaan tim laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, yang dipimpin dokter Andani Eka Putra, dikonfirmasi lima orang lagi masyarakat Sumbar positif COVID-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal.

Berdasarkan analisis tim dokter, kata Jasman, saat ini infeksi tidak hanya terjadi akibat seseorang yang baru kembali dari luar negeri, tetapi juga telah menular secara lokal.

“Penularan COVID-19 terjadi secara lokal atau di lokasi tempat pasien positif berada saat ini, karena kontak dan berinteraksi dengan dengan orang yang terinfeksi sebelumnya,” ungkap Jasman.

Hal itu disebabkan tidak menjaga physical distancing, tidak memakai masker, jarang cuci tangan dan masih belum disiplin untuk selalu berada di rumah saja serta banyaknya melanggar protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Lima pasien yang baru dinyatakan positif terinfeksi hari ini, semuanya terinfeksi karena kontak dengan orang yang sebelumnya juga telah positif,” tegasnya.

Dari lima pasien baru positif corona di Sumbar yang diumumkan kemarin, satu orang mahasiswa, ada juga seorang anak enam tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News