Ibu Negara Sudah Habiskan Rp 79 M buat Beli Baju dan Sepatu

Ibu Negara Sudah Habiskan Rp 79 M buat Beli Baju dan Sepatu
PM Malaysia Nazib Rajak dan ibu negara Rosmah Mansor. Foto: AFP

jpnn.com - PERDANA Menteri Malaysia Nazib Tun Razak belum lepas dari perhatian media asing. Salah satunya Wall Street Journal (WSJ). Kali ini, media yang fokus utamanya soal ekonomi dan keuangan itu membeberkan dokumen soal hobi shopping sang istri perdana menteri, Datin Sri Rosmah Mansor.

Ibu Negara Malaysia kelahiran Kuala Pilah, Negeri Sembilan, Malaysia, 10 Desember 1951 itu kembali disorot. Sejak 2008 hingga 2015, dia disebut telah mengeluarkan uang USD 6 juta (sekitar Rp 79,3 miliar) untuk belanja baju, tas, sepatu, dan perhiasan mewahnya. Lantas, timbul pertanyaan karena gaji resmi Najib hanya USD 100 ribu per tahun (Rp 1,3 miliar).

Angka-angka yang jomplang itu mengerucut pada tudingan jika Rosmah, perempuan yang bekerja di bidang properti sebelum bertemu dengan Najib, adalah aktor utama dalam skandal korupsi 1 Malaysia Development Berhad (1MDB). Diduga, dana USD 681 juta milik 1MDB yang seharusnya digunakan untuk mengembangkan investasi di Malaysia masuk ke kantong Najib.

Wall Street Journal mendapatkan dokumen tersebut dari salah seorang sumber yang memiliki akses langsung terhadap penyelidikan skandal 1MDB oleh pemerintah Amerika Serikat (AS). 

Perempuan 64 tahun itu dilaporkan menghabiskan uangnya dengan berfoya-foya di pusat perbelanjaan barang mewah seperti Harrods di London, Inggris, dan Saks Fifth Avenue di New York, AS.

Rosmah, keturunan perantau Minangkabau asal Sarilamak, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat itu memang dikenal senang memakai perhiasan mewah di depan publik. Dalam otobiografinya yang dirilis pada 2013, Rosmah mengklaim menggunakan uang sendiri untuk berbelanja. Sebab, dia memiliki kebiasaan menabung sejak kecil. Orangtuanya bekerja sebagai guru dan Rosmah adalah anak satu-satunya.

"Saya membeli beberapa perhiasan dan baju dengan uang saya sendiri. Apa masalahnya?’’ tulis wanita yang dari Kerajaan Pagaruyung memperoleh gelar Darjah Kebesaran Kerabat yang Dipertuan Gadih Minang itu.

Saat Najib menjabat PM pada 2009, Rosmah menuai banyak kecaman karena kerap terlihat berganti ganti tas Birkin dari Hermes yang harganya mencapai puluhan ribu dolar. Apalagi, sudah bertahun-tahun Rosmah tidak mempunyai pekerjaan tetap. Artinya, dia hampir tidak memiliki pemasukan sama sekali.

PERDANA Menteri Malaysia Nazib Tun Razak belum lepas dari perhatian media asing. Salah satunya Wall Street Journal (WSJ). Kali ini, media yang fokus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News