ICS2 Rilis Pembaruan Sistem Keamanan & Keselamatan Transportasi Barang ke UE

ICS2 Rilis Pembaruan Sistem Keamanan & Keselamatan Transportasi Barang ke UE
Pembaruan proses impor. Ilustrasi impor/Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Sistem Kontrol Impor 2 (ICS2) memperkenalkan proses baru penerimaan barang lewat jalur laut dan sungai, jalur darat dan kereta api di Uni Eropa (UE) mulai 3 Juni 2024.

ICS2 adalah sistem keamanan dan keselamatan pra-kedatangan kepabeanan Uni Eropa yang baru.

Hal itu merupakan fase ketiga dari implementasi sistem baru, yang akan menjangkau persyaratan pelaporan data keamanan dan keselamatan ke semua moda transportasi.

Persyaratan serupa telah diterapkan untuk transportasi barang melalui udara.

Dengan rilis ketiga itu, pengangkut jalur laut dan sungai, jalur darat, serta kereta api perlu menyediakan informasi barang yang dikirimkan ke atau melalui UE sebelum kedatangan, dengan melengkapi Pernyataan Ringkasan Entri (Entry Summary Declaration/ENS).

Kewajiban itu turut menyangkut pengangkut ekspres dan operator pos yang mengangkut barang menggunakan berbagai moda transportasi terkait, maupun pihak-pihak lain seperti perusahaan pengiriman barang.

Dalam kondisi tertentu, penerima akhir di UE juga harus mengirimkan data ENS ke ICS2.

Para pedagang sangat dianjurkan mempersiapkan sejak dini mengenai Rilis 3 guna menghindari risiko keterlambatan dan ketidakpatuhan.

Sistem Kontrol Impor 2 (ICS2) memperkenalkan proses baru penerimaan barang lewat jalur laut dan sungai, jalur darat dan kereta api di Uni Eropa mulai 3 Juni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News