ID Next Leader: Dilema Anak Muda, Pilih jadi Karyawan atau Wirausaha

ID Next Leader: Dilema Anak Muda, Pilih jadi Karyawan atau Wirausaha
Webinar Creating Business Ideas Using Lightning Decision Jam. Foto: PintarSehatPeduli.ID

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah menjadikan seluruh aktivitas tatap muka dialihkan menjadi via daring. Teams dan media virtual menjadi hal lumrah di seluruh kalangan. Keadaan tersebut menjadi trigger bagi pelaksana acara untuk mengadakan kegiatan secara online.

Hal ini dikatakan Managing Director ID Next Leader Indra Dwi Prasetyo, dalam webinar yang bertemakan Creating Business Ideas Using “Lightning Decision Jam”, Jumat (20/11).

“Ini adalah sebagai bentuk kemampuan pemuda dalam beradaptasi sekaligus berinovasi di tengah pandemi,” ucap Indra.

Narasumber Taofik Rifai selaku Design Thinking Specialist at Agile Innovation Labs mengatakan, segala ide bisnis tidak akan jadi apabila tidak dimulai melalui langkah-langkah kecil.

Dalam memetakan potensi bisnis, Taofik mengajak peserta dengan bermain gim. Di antaranya membuat sketsa gambar, menuliskan keunggulan yang dimiliki oleh tim dalam bisnis, menyusun masalah yang mungkin timbul dari usaha.

Setelah itu, kemudian tim diminta membuat urutan prioritas masalah, memilah masalah yang ingin diselesaikan beserta solusinya, membuat multiple solution dari masalah yang ada, memetakan kategori Low Effort High Impact.

Terakhir, tim diminta untuk membuat solusi, hingga menjadi aksi yang mungkin terealisasi.

“Mereka yang berjiwa pebisnis senantiasa menghargai dan mengedepankan aksi-aksi solutif, yang terlihat remeh bagi orang biasa padahal bernilai besar,” pungkasnya.

Managing Director ID Next Leader Indra Dwi Prasetyo mengatakan pandemi Covid-19 telah menjadikan seluruh aktivitas tatap muka dialihkan menjadi via daring. Keadaan tersebut menjadi trigger bagi pelaksana acara untuk mengadakan kegiatan secara online.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News